Sabtu, H / 27 April 2024

Sultan Paser Berikan Medali Kehormatan untuk Ary Ginanjar (ESQ), Disaksikan oleh 400 Orang Lebih

Jumat 24 Feb 2023 14:07 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Dalam kesempatannya, Sultan Paser ke-18 Dr. AMH. Andrian Sulaiman hadir dan mengikuti Training ESQ Executive Batch 190 selama 3 hari pada tanggal 17-19 Februari 2023 secara luring. Ia kembali me-recharge ilmu ilmu ESQ terdahulu yang telah didapat dan diterapkan langsung dalam kesehariannya.


Ada kurang lebih 400 peserta yang join baik secara online (Zoom Meeting) maupun offline (Granada Ballroom Menara 165). Mereka dipandu langsung oleh Founder ESQ Group, Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian serta Iman Herdimansyah (trainer ESQ).

Sebagai informasi, training ESQ Executive adalah pelatihan paling fenomenal yang berawal dari sebuah buku laris berjudul ESQ (Emotional Spiritual Quotient) karya Ary Ginanjar Agustian. Pelatihan ini membantu seseorang menemukan cara hidup yang lebih membahagiakan. Membantu seseorang untuk mengisi hati dengan sesuatu yang lebih bermakna, membentuk jiwa yang lebih teguh, dan mencapai kualitas hidup yang lebih tinggi.





Di sela moment, Sultan Paser yang datang jauh-jauh dari Ibu Kota Negara (IKN-Kaltim) itu sekaligus memberikan Medali Kehormatan kepada Ary Ginanjar Agustian secara langsung di Menara 165 Jakarta.

"Alhamdulillah. Hari ini, kami (ESQ) mendapatkan Medali Kehormatan dari Kesultanan Sadurangas Paser yang diberikan langsung oleh Sultan Paser di Menara 165," ucap Ary.

Sadu memiliki makna "kekuatan", rangas memiliki makna "inti". Sehingga sadurangas adalah kekuatan inti, sama seperti ESQ yang mengeluarkan nilai-nilai spiritualitas.

"Terima kasih Sultan. Semoga nilai-nilai spiritualitas terus tersebar ke seluruh Indonesia dan Dunia," lanjutnya.



Sultan Paser mengungkapkan bahwa ESQ adalah suatu program yang sangat ia kagumi dan banggakan. Karena bisa membangun akhlakul karimah insan manusia serta menguatkan qolbu seseorang agar cinta kepada Allah SWT, menyayangi Rasulnya, cinta kepada sesama manusia dan memelihara alam di sekitarnya.

"Saya juga ingin menyampaikan terimakasih sebesar besarnya kepada pak Ary Ginanjar telah memberikan ilmu ESQ kepada saya. Dan medali kehormatan ini sebuah tanda medali kekeluargaan dari kesultanan sadurangas paser sebagai rasa cinta dan sayang saya kepada sosok tokoh ESQ."

"Jadi ESQ ini suatu ilmu yang sangat fundamental bagi kita khususnya masyarakat Islam di Indonesia serta bagi agama lainnya yang diakui oleh negara," sambungnya.





Dikatakan olehnya, ESQ juga netral bisa diserap oleh berbagai golongan, suku, agama, budaya dan lainnya.

"Saya sangat menaruh harapan yang sebesar besarnya agar training ESQ bisa dihadirkan ke Ibu Kota Negara atau Nusantara (IKN) dalam waktu dekat," harapnya.

Dimana IKN ini sudah ditetapkan oleh negara melalui Undang Undang No 3 tahun 2022. Maka secara konstitusi bahwa IKN berada di 2 kabupaten kota yaitu Kabupaten Penajam Paser Utara dengan Kabupaten Kutai Kertanegara.

"Jadi tentu Provinsi Kalimantan Timur adalah provinsi yang harus bisa bersama sama kita jaga agar pembangunan IKN ini dapat berjalan damai, aman, lancar dan bermanfaat bagi semua masyarakat," tambah pria dengan pakaian nyentriknya.



Para peserta training bertepuk tangan dengan sangat gemuruh dan ramai. Mereka telah menjadi saksi mata penyerahan Medali Kehormatan dari Sultan Paser kepada ESQ. Dan ratusan peserta itu berasal dari Baznas RI, BPR ANS Group, Pemerintah Kota Banjarmasin, Pemerintah Kab. Sukamara, Pemerintah Kab. Balangan, Pemerintah Provinsi Kalteng, PT Inti Pantja Press Industri, PT Visindo Maju Sejahtera, Bank Eka Lampung, PT. Hankyu Hanshin Logistics Indonesia. 



<more>



Hadir juga Irish Bella dan Ammar Zoni sekelurga.





Kemudian training ini turut mengundang sejumlah tokoh berpengaruh di Indonesia seperti Kapusdiklat Dikbud, Bupati Lingga, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Batam (Univ. Kepulauan Riau), Pemasaran RSPON, Wakil Kepala PPSDM BPOM, Wadir Direktorat SMK Dikbud, Asisten Deputi Penguatan Budaya Kerja SDM Aparatur KemenPAN RB, Asisten Kapusdiklat tim RBI, Regional Sales & Marketing Manager (EF Kids & Teens), Vice President Citilink, Manager Planning & Inventory Herbalife, Sestama Basarnas, Vice President Human Capital dan General Affair PT. Jalantol Lingkarluar Jakarta, Pegadaian, Direktur RSUD Budhi Asih dan lain lain.



Adapun agenda lainnya yang menjadi rangkaian acara Training ESQ yakni telah dilaksanakan MoU atau Nota Kesepahaman antara ESQ dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara, serta Pemerintah Kabupaten Mempawah. Agenda ini dilaksanakan secara bersamaan pada tanggal 18 Februari 2023 di Menara 165, Jakarta.

Hal ini dilakukan sebagai upaya mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 bahkan Indonesia Atap Dunia di Tahun 2085.

Untuk itu, ESQ sudah berkolaborasi dengan banyak Perusahaan, Kementerian, Pemerintah Pusat & Daerah, Lembaga, serta lainnya. Termasuk di dalamnya Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara, serta Pemerintah Kabupaten Mempawah.


Video ada di sini, silakan klik


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA