Kamis, H / 28 Maret 2024

Transjakarta Bersihkan Interior Bus dan Siapkan Hand Sanitizer di 80 Halte

Selasa 03 Mar 2020 12:04 WIB

Reporter :Titin Nuryani L. Wiyono

hand sanitizer di halte transjakarta

Foto: twitter


ESQNews.id - Sehubungan dengan Instruksi Gubenur DKI Jakarta nomor 16 tahun 2020 terkait penanganan virus Corona (COVID 19) yang telah masuk Indonesia, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kini menambah intensitas kegiatan pencegahan dan penanganan penyebaran COVID 19 hingga kedalam interior bus dan halte.


Hal ini mulai dilaksanakan sejak awal Februari 2020 lalu. Transjakarta pun melakukan sosialisasi rencana pencegahan dan penanganan COVID 19 ini ke mitra operator bus, petugas lapangan dan seluruh karyawan kantor pusat dan Depo. Upaya Transjakarta lebih aggressive melakukan tindakan preventif hingga penanganan pencucian dan pembersihan interior bus menggunakan Disinfectant.


Dan mulai Selasa (3/3/2020) malam ini, akan diperluas penyediaan hand sanitizer untuk pelanggan di 80 halte Transjakarta. Selain itu, Transjakarta juga membekali petugas dengan sarung tangan dan masker serta lebih mengaktifkan edukasi dan sosialisasi pencegahan virus kepada pelanggan melalui sosial media, Passenger Information System yang ada pada seluruh halte (PIS). Tak cuma itu, Transjakarta juga menyiapkan alat deteksi suhu tubuh untuk memastikan pelaksanaan tindakan yang diperlukan apabila ada yang terdeteksi.

<more>

Transjakarta menghimbau pelanggan mulai memperkuat ketahanan tubuh masing-masing. Ini bisa dimulai dengan asupan bergizi dan vitamin, membasuh tangan dengan alat pembersih steril dan menjaga agar tangan tidak serta merta berinteraksi dengan mulut, hidung dan mata tanpa dibersihkan terlebih dahulu. Perseroan ini juga sudah berkordinasi dengan instansi terkait seperti dinas kesehatan dan rumah sakit rujukan untuk melakukan kordinasi tindakan tindakan yang dilakukan. Adapun persiapan antisipasinya adalah pada saat pencucian bus di depo pihak Transjakarta mencuci bus dengan desinfektan khusus pada saat sebelum dan sesudah bus beroperasi sedangkan di Halte alat Tap On gate juga akan selalu dibersihkan dengan desinfectan secara berkala.


Selain itu Manajemen Transjakarta juga memastikan para petugas khusus Transjakarta untuk selalu membersihkan handgrip (Pegangan bus) sebelum berangkat dari Depo dan akan dibersihkan pada saat penurunan pelanggan di halte-halte akhir Transjakarta dengan menyiagakan petugas Covid dan berkordinasi dengan tim penanganan Covid 19 Dinas Kesehatan Pemprov DKI. Dengan ini manajemen Transjakarta berharap masyarakat bisa tetap menikmati layanan Transjakarta dengan nyaman dan menghimbau kepada pelanggan untuk tetap menjaga ketahanan tubuh agar tidak mudah terpapar.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA