Jumat, H / 29 Maret 2024

35 Leaders Int3tree Malaysia Menjadi Coach Bersertifikat

Selasa 15 Dec 2020 18:06 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Cikgu Sudirman selaku Founder Int3tree Malaysia memberikan sambutan di dalam training ESQ 3.0 Coaching Certification Camp Online. Serta membawa 35 leadernya untuk join dalam training tersebut.


Event itu dilaksanakan pada Senin-Rabu (14-16/12/2020) hingga (21-23/12/2020). Insan Int3tree akan dilatih menjadi Coach Profesional oleh Master 3.0 Coach yaitu Coach Huda dan Coach Arief Rahman (lisensi dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian).


<more>


Setelah 6 hari belajar dan praktek, lalu menjalani ujian, mereka akan memiliki profesi baru yakni sebagai Coach professional yang bersertifikat.


Arief menjelaskan beberapa metode dalam melakukan coaching. Dua di antaranya teknik mendengar (listening) dan asking questions.




Para partisipan ditanya tentang manfaat listening, “Apa salah satu manfaat listening sebagai leaders di Syarikat Tuan Puan?”




Berikut ini beberapa respon peserta dalam yang berbicara langsung maupun chat room zoom.


Anna, “Mendengar masalah orang lain untuk diselesaikan”

C. Zaim, “Boleh dengar pendapat orang lain”

Norfaieza, “Lebih memahami team”




“Oke good. Selama ini, berapa banyak idea yang kemudian tidak boleh kita tangkap kenapa? Karena kita  tidak listen atau judgement betul? Sehingga kita merasa tak boleh terima ide dari orang lain. Padahal boleh jadi sebetulnya itu adalah jawaban yang Allah akan bagi terhadap kita,” jelas Arief.


Peserta dari Int3tree Malaysia itu diberikan waktu 20 menit untuk praktek dengan metode paraphrasing . Tujuannya adalah agar mereka paham dan semakin mendalami ilmu coaching.


"Manusia fitrahnya bukan diberi perintah manusia itu sukanya ditanya, seperti Anda tadi ketika ditanya energinya keluar dan tiba-tiba ideanya keluar dan tiba-tiba tahu apa yang harus dilakukan,” kata lelaki yang memakai kemeja biru tua bergaris itu.


Arief mengingatkan bahwa perlakukanlah manusia seperti raja. Perlakukanlah anak, orangtua, teman, tetangga dan lainnya seperti raja.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA