Rabu, H / 08 Juli 2020

Kawal IKM Daerah Terus Maju, Penyuluh Perindag Sulteng Jalani Diklat

Kamis 30 Aug 2018 13:59 WIB

Eka Chandra

Suasana Diklat penyuluh Perindag Sulteng di Grand Clarion Hotel, Kendari (29/7)

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, KENDARI - Para Pejabat Fungsional Penyuluh Perindag dari Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian dan Dinas Perindag Sulawesi Tenggara mengikuti kegiatan ‘Diklat Fasilitator Manajemen Mutu' persembahan dari PT. IBIMA Indonesia & Kemenperin RI dilaksanakan pada 28-29 Agustus 2018 di Grand Clarion Hotel, Kendari.



Diklat ini diikuti oleh 30 orang penyuluh dari berbagai kabupaten/kota dan provinsi di Sulawesi Tenggara, bahkan ada pula peserta dari kawasan lainnya seperti dari Sumatra utara, Riau, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Tasikmalaya, Surabaya, Magelang, Makassar, Papua. Dipandu oleh Trainer Eka Chandra dan Asisten trainer oleh Iswadi dari ESQ Leadership Center, diklat ini diikuti dengan penuh semangat, sangat interaktif, fokus, enjoy dan seru selama 2 hari.


Salah satu penyuluh asal Bangka Belitung, Leni Sumarlina menyampaikan pengalamannya selama mengikuti diklat. " Yang kami dapatkan adalah hal yang positif dan luar biasa. Karena saya termotivasi dan akan mentransformasi motivasi itu terhadap IKM-IKM yang ada di daerah sehingga IKM-nya akan lebih maju dan meningkatkan perekonomian di daerah," ungkapnya.


Ibu Mutia penyuluh asal Riau (kiri) dan Ibu Leni penyuluh asal Bangka Belitung (kanan)

 

Menurut Mutia penyuluh asal Riau, " Tugas saya di lapangan sangat berkaitan dengan diklat yang diadakan ESQ seperti ini yang dilaksanakan oleh kerjasama dengan dinas perindustrian dan perdagangan provinsi sulawesi tenggara sangat menunjang produktifitas saya di lapangan sebagai seorang penyuluh untuk meningkatkan daya saing dan daya ekspor untuk para IKM di daerah yang bertujuan untuk berkembang dan maju kedepannya," paparnya.


 

Hal ini sejalan dengan harapan yang ingin dicapai PT IBIMA Indonesia bekerjasama dengan Kemenperin RI dalam menyelengarakan diklat ini, seperti dalam lingkup kiprah PT IBIMA yaitu menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan lean industry bagi pelaku industry dan bisnis IKM-UKM. Materi yang dibawakan dalam diklat ini adalah untuk membekali penyuluh agar selalu menanamkan betapa pentingnya membangun karakter diri sebagai seorang suluh yang menjadi cahaya bagi daerahnya. Serta meningkatkan kualitas dan mutu para Penyuluh Perindag dengan Mindset yang benar guna meningkat kualitas para IKM menuju Indonesia yang sejahtera.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA