Jumat, H / 29 Maret 2024

Kodiklat TNI AD dan Polri Perdalam Ilmu Kepemimpinan & Komunikasi dari ESQ di Ajang DIKLAPA II Tahun 2022

Jumat 18 Nov 2022 11:20 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, CIMAHI - Kodiklat TNI AD dan Polri saling berkolaborasi untuk mengikuti training kepemimpinan & komunikasi dari ESQ Leadership Center. Pelatihan ini diadakan pada tanggal 14-15 November 2022 di Aula Soedirman Pusdikarmed Pussenarmed Cimahi, yang merupakan bagian dari rangkaian Pendidikan selama kurang lebih 2 bulan saat kegiatan DIKLAPA II Tahun 2022.


Saat pembukaan acara, hadir di dalamnya Mayjen TNI Chandra Wijaya (Wadankodiklat TNI AD), Irjen Pol Eko Budi Sampurno (Wakalemdiklat Polri), Brigjen Judi P Firdaus (Dirdiklat Kodiklat TNI AD), Coach Iman G Herdimansyah dan Coach Dadang Suhendar (Fasilitator ESQ).


Sedangkan peserta pelatihannya yaitu gabungan Perwira Siswa yang terpilih dari Pasis Diklapa II TNI pangkat kapten (menuju Mayor), Pasis Sespimma Polri pangkat AKP (menuju Kompol) serta Pasis Luar Negeri tahun ajaran 2022. Totalnya ada 118 orang.




"TNI-POLRI institusi yang berdedikasi dalam bidang pertahanan dan keamanan, mutlak diperlukan kolaborasi & sinergi untuk menjadi lem perekat yang kuat dalam membangun semangat Persatuan dan Kesatuan Bangsa," kata Chandra Wijaya saat membuma acara.


Ia menjelaskan juga bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah untuk membangun sinergi antara TNI AD dan Polri sebagai aksi Bela Negara.




Lalu, Wakalemdiklat Polri juga menyampaikan arahannya kepada peserta training terkait persoalan yang dihadapi saat ini.


"Yang sering menghambat kolaborasi antara TNI dan Polri adalah persepsi dari masing-masing anggota atau oknum. Karena itu menurut saya sesi ESQ ini membantu memberikan pencerahan kepada para Perwira Siswa yang mengikuti DIKLAPA II tahun ini."




Paparan tersebut ditanggapi dengan positif juga oleh Dirdiklat Kodiklat TNI AD yang mengatakan, "Diklapa II Sinergi TNI-POLRI, mempersiapkan Pemimpin lini depan yang bersentuhan dengan masyarakat. Maka harus siap menjadi role model dan mesti memiliki kecakapan komunikasi yang efektif. Karenanya Kodiklat TNI AD bekerjasama dengan ESQ Pak Ary, yang secara metode training dan hasilnya yang sudah kami rasakan."




Nama Ary Ginanjar dari awal sambutan selalu digaung gaungkan dengan indah. Dan dalam kesempatannya, Founder ESQ Group itu hadir secara virtual dari Mekkah untuk menyapa ratusan insan TNI dan Polri.


"Tantangan tugas kepemimpinan TNI & POLRI di Era 4.0 jauh lebih berat lagi. Karenanya, tidak cukup hanya dengan meningkatkan kompetensi, namun juga harus dibangun Pemimpin TNI & POLRI yang memiliki Super Agility (Keluwesan) & Capacity (Keluasan hati) yang mumpuni."




Agar menambah antusias para peserta diklat, mereka diajak untuk bermain games, ice breaking yang fun, senam senam ringan dengan iringan musik yang energik. Sehingga tampak sumringah dari wajah mereka serta siap mendapat serapan materi dari Coach Iman.


Materi yang diberikan oleh Trainer ESQ itu mencakup tentang pembekalan makna sebuah keluarga Polri dan TNI AD. Materi yang satu ini berkolaborasi dengan Dinas Psikologi AD. Kemudian ilmu komunikasi yang efektif, serta adanya outbound (fokus ke dalam implementasi nilai leadership, komunikasi, dan kolaborasi.




Menurut Iman, mereka sangat semangat dan sungguh sungguh menjalani pelatihan dari awal hingga akhir acara. Dan ada hal yang menarik dari mereka, bahwa "Seluruh Perwira Tinggi (Para Jendral) yang hadir dari TNI dan POLRI hampir seluruhnya adalah Para Alumni ESQ yang sudah merasakan manfaat Training ESQ. Semua Jendral pada bangga jadi Alumni ESQ."




Sehingga perhelatan ini mendapat tanggapan atau respon yang positif dari 118 peserta. Beberapa dari mereka mengungkapkannya dalam bentuk testimoni, di antaranya:


"Saya siswa dari TNI Malaysia, bagi saya Program ESQ ini satu program yang sangat bagus, dia memberikan dampak yang terbaik bagi negara Indonesia. Ternyata the sharing of inspiration itu dibuat semacam pendidikan lagi. Maka pada masa depan apabila semua siswa siswa ini menjabat atau berkembang di kesatuan yang lebih tinggi maka aspirasi ini akan dibawa bersama sama dan ini akan memberi dampak kepada Indonesia. Pada akhirnya semua orang akan memahami peran masing masing."


Lebih lanjut, "Oleh sebab itu, di masa depan manusia akan siap menghadapi apapun masalahnya. Saya harap kegiatan ini bisa dilanjutkan, karena bagi saya ini sangat jarang di Malaysia itu khususnya Diklapa 2 join training bersama Polri. Dan saya harap secepatnya bisa mengaplikasikan ilmu yang saya dapat ini karena memberikan dampak yang begitu bagus untuk masa depan khususnya."



<more>


"Dalam cinta yang begitu indah, kami kembali bernostalgia dengan ESQ yang memberi banyak dampak positif kepada kami semuanya siswa Diklapa II TNI dan Sespimma Polri. Hal ini kami yakinkan kembali bahwasannya banyak sekali hal hal baru yang kami peroleh untuk lebih membentuk pribadi kami jadi pemimpin masa depan yang jauh lebih berarti dan bermanfaat kepada sesama."


Ia meneruskan ungkapannya, "Akhirnya kami paham khususnya Tentara Nasional Indonesia ada sapa marga yang ketiga yaitu kami kstaria Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta membela kejujuran, kebenaran, dan keadilan itu menjadi fondasi dasar bahwa apapun yang diperbuat semata mata karena Tuhan Yang Maha Esa. Kami bangga dengan ESQ."




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA