Kamis, H / 13 Desember 2018

5 Langkah Penting Agar Dapat Tidur Dengan Nyenyak

Sabtu 02 Jun 2018 15:30 WIB

-

ilustrasi

Foto: foto : Independent/Rachel Hosie

ESQNews.id - JAKARTA, Great British Bedtime Sleep Board memberikan laporan terbarunya. Sebanyak 30 persen orang mengalami tidur yang buruk hampir setiap malam, disebabkan karena stres, khawatir, gangguan pasangan, kebisingan, atau tempat tidur yang tidak nyaman.

Tapi, kabar baiknya yaitu ada langkah-langkah yang bisa diambil untuk meningkatkan kualitas tidur Anda, dan banyak hal yang berkaitan dengan cara Anda menghabiskan waktu sebelum tidur.

Penulis kesehatan terlaris dan ahli nutrisi Jessica Sepel telah mengungkapkan rutinitas lima langkah malamnya yang akan membantu Anda mendapatkan kualitas tidur, seperti yang dilansir dari Independent. 

1. Tinggalkan pekerjaan di kantor

Sangat penting untuk mengakhiri hari dan mencoba untuk tidak membawa stres terkait pekerjaan kembali ke rumah dengan Anda.

"Membawa stres bekerja dengan Anda selama malam hari hanya mempertinggi kortisol dan adrenalin, yang membebani kesehatan Anda secara keseluruhan," kata Sepel yang diambil dari laman resmi independent.co.uk.

Pekerjaan di kantor telah mengambil begitu banyak waktu dalam sehari, tentu saja bisa sulit untuk tidak memikirkannya pada malam hari, tetapi menetapkan batas-batas seperti tidak memeriksa email kerja setelah jam 8 malam dapat membantu.

2. Makan makan malam sehat dan sehat

Makan sehat tidak perlu rumit dan mendapatkan keseimbangan makronutrien tepat sebelum tidur dapat membantu tubuh Anda rileks daripada menjadi lebih bersemangat.

Sepel merekomendasikan memastikan makan malam Anda mengandung beberapa protein, lemak dan serat yang sehat, dan penelitian sebelumnya menunjukkan makan beberapa karbohidrat sebelum tidur dapat membantu menginduksi rasa kantuk.

“Dan ketika Anda makan malam, ingatlah untuk melakukannya dengan perlahan dan penuh perhatian,” saran Sepel.

3. Batasi waktu layar

Kita semua tahu bahwa cahaya biru yang dipancarkan dari ponsel, tablet, dan komputer menghalangi kemampuan kita untuk tertidur, dan itulah sebabnya Sepel mengatakan dia berhenti melihat ponselnya setelah jam 8 malam.

Jika itu terdengar agak drastis, bagaimanapun, bahkan hanya memiliki setengah jam waktu bebas melihat layar gadget sebelum masuk ke tempat tidur dapat bermanfaat.

4. Lakukan sesuatu yang santai

Melakukan beberapa hal sebelum tidur dan menyiapkan tubuh serta pikiran untuk tidur adalah penting, apakah itu berarti mandi, menyalakan beberapa lilin, minum teh herbal atau membaca.

“Saya suka mandi dengan beberapa tetes minyak esensial dan garam Epsom,” kata Sepel. “Ini benar-benar membantu tubuh untuk beristirahat dan dekompresi, memberi tanda waktu untuk tidur. Tidak peduli apa bentuk relaksasi yang Anda pilih, ingatlah untuk mengingat saat itu dan tahu bahwa Anda layak untuk saat itu. ”

5. Siapkan tubuh untuk tidur

Sepel menyarankan untuk mengadopsi postur yoga yang dikenal sebagai viparita karani selama sepuluh menit sebelum tidur - pada dasarnya berbaring telentang dengan kaki menempel ke dinding.

Tidak hanya pose meningkatkan sirkulasi, tetapi, Sepel mengatakan, itu untuk menempatkan sistem saraf parasimpatik ke dalam istirahat dan mencerna keadaan. Ketika tubuh Anda telah memasuki suasana hati yang tenang, jauh lebih mudah untuk beristirahat malam yang nyenyak. 


Dapatkan Update Berita

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA