Selasa, H / 19 Maret 2024

BULOG Gelontorkan Ratusan Ton Beras Korban Gempa Tsunami

Senin 01 Oct 2018 10:45 WIB

Titin Nuryani

Budi Waseso

Foto: google image

ESQNews.id, JAKARTA -  BUMN Badan Urusan Logistik  (BULOG) gelontorkan bantuan pangan berupa beras untuk korban gempa dan Tsunami di Palu Sulawesi Tengah dan sekitarnya. Direktur Utama BULOG, Budi Waseso mengatakan, BULOG tidak tanggung-tanggung menggelontorkan sebanyak 200 ton untuk setiap provinsi yang terkena dampak bencana.


"CBP (Cadangan Beras Pemerintah) siap disalurkan minimal 200 ton per provinsi dan 100 ton per kota/kabupaten serta Bantuan melalui BULOG PEDULI lebih dari 250 juta rupiah untuk korban bencana", ujar Buwas dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/1).


Beras yang akan disalurkan kepada korban bencana gempa bumi dan tsunami berasal dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dan CSR dari BULOG. Buwas menambahkan, alokasi CBP yang berjumlah ratusan ton tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tanggap darurat seperti bencana alam dan rawan pangan.


Buwas juga menegaskan, BULOG siap untuk memberikan tambahan bantuan pangan bila Pemerintah merasa CBP yang digelontorkan kurang. Di samping itu, masih kata Buwas, Perum BULOG juga menyediakan kebutuhan pangan pokok lainnya yang dibutuhkan masyarakat seperti Daging Beku, Gula Pasir, Tepung Terigu, dan Minyak Goreng.


Tak hanya bantuan berupa beras, Perum BULOG melalui program BULOG PEDULI siap menyalurkan bantuan awal kepada korban gempa berupa daging senilai 250 juta rupiah, sembako dan kebutuhan sandang lainnya. Bantuan tersebut dari dana program Corporate Social Responsibility (CSR) Perum BULOG sebagai bentuk kepedulian BULOG kepada dampak gempa yang sangat membutuhkan bantuan. BULOG PEDULI juga siap mengerahkan bantuan Tim Kemanusiaan untuk membantu merehabilitasi psikologis dampak korban gempa.


Buwas juga menyinggung soal Gudang BULOG di Sulteng yang mengalami kerusakan namun tidak signifikan seperti tembok yang retak dan pagar yang roboh.  Saat ini, lanjut dia, stok beras yang tersedia di Sulteng sekitar 12 - 13 ribu ton, aman untuk ketahanan stok beberapa bulan kedepan sehingga tidak timbul kekhawatiran soal krisis pangan pasca bencana dari masyarakat dan pemerintah daerah.



"Stok beras BULOG secara nasional lebih dari 2 juta ton, gudang-gudang BULOG di seluruh Indonesia siap menyalurkan stok tersebut bila sewaktu-waktu dibutuhkan Pemerintah baik untuk bencana alam maupun untuk stabilisasi harga. Dengan stok yang cukup besar, artinya BULOG siap menjaga 3 pilar ketahanan pangan Nasional yakni Pilar Ketersediaan, Keterjangkauan, dan Stabilisasi " Ujar Budi Waseso.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA