Minggu, H / 21 Oktober 2018

PM Mahathir Imbau ASEAN Bantu Indonesia Pasca Gempa Tsunami

Jumat 05 Oct 2018 09:04 WIB

Rep:AA/Ed:Titin Nuryani L Wiyono

Perdana Menteri Malaysia Tun Dr Mahathir Mohamad

Foto: google image

Dalam menghadapi tragedi semacam itu, para tetangga tidak boleh berpangku tangan, kata Mahathir Mohamad


ESQNews.id, KUALA LUMPUR - Perdana Menteri Malaysia Tun Dr Mahathir Mohamad pada Kamis (4/10/2018) meminta negara-negara tetangga untuk menawarkan bantuan kepada Indonesia yang sedang dilanda bencana.


Negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) harus mengirim bantuan ke Indonesia, yang sedang dilanda gempa bumi dan tsunami yang mematikan di Pulau Sulawesi, kantor berita Malaysia Bernama mengutip pernyataan Mahathir Mohamad.


Perdana Menteri Mahathir berbicara pada Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN ke-6 tentang Penanggulangan Bencana di Kota Putrajaya, Malaysia.

Dia mengatakan bahwa daerah Palu, Donggala dan Sigi mengalami kerusakan besar dan lebih dari seribu orang tewas, sementara lebih dari 60.000 rumah rusak dan 60.000 orang mengungsi.


Baca juga : Ribuan Personel Polisi Diterjunkan Amankan Lokasi Gempa


“Tragedi seperti itu sangat menyayat hati, sebagai tetangga, kami tidak ingin duduk dan menonton dari pinggir lapangan."

“Tetapi untuk mencoba membantu tanpa koordinasi yang baik dan perencanaan strategis akan mengakibatkan situasi yang kacau menjadi lebih kacau. Alih-alih membantu, kami mungkin akan mengganggu tim penyelamat lainnya,” kata Mahathir, sebagaimana dikutip oleh Bernama dan dilansir Anadolu Agency.


“Sangat jelas bahwa dalam keadaan seperti itu, Komite ASEAN untuk Manajemen Bencana (ACDM) memiliki peran besar untuk bergerak,” tambahnya.

Mahathir melanjutkan dengan mengatakan, "Menurut data global untuk periode 2000 hingga 2017, Wilayah Asia Pasifik merupakan 45 persen dari bencana global, 60 persen dari kematian bencana global dan 85 persen dari orang-orang yang terkena dampak bencana global."

"Bersama-sama, saya yakin kami dapat membantu tetangga kami untuk meringankan bebannya," tegasnya.


Jumlah korban tewas akibat gempa berkekuatan 7,7 SR dan tsunami telah meningkat menjadi 1.424, menurut Badan Penanggulangan Bencana (BNPB).

Bencana di Sulawesi Tengah bisa jadi merupakan tragedi terbesar kedua di Indonesia setelah tsunami Aceh 2004 yang menewaskan lebih dari 170.000 orang.


Dapatkan Update Berita

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA