Jumat, H / 29 Maret 2024

Unggul di Era Police 4.0, Korlantas Polri Ikuti Pelatihan ESQ, Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna: Di Sini akan Dilatih Pengembangan Karakter Diri

Selasa 09 Aug 2022 13:28 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Korlantas Polri mengikuti training ESQ selama 3 hari berturut-turut dari pagi hingga sore pada tanggal 9-11 Agustus 2022 di Ruang Cordoba Menara 165. Turut hadir di dalamnya Kabagrenmin Korlantas Polri Kombes Pol Singgamata serta 50 orang dengan level Bripda.


"Dengan acara yang digelar selama 3 hari ini, saya berharap Anda semuanya bisa menjadi polisi yang selalu menolong sesama terutama masyarakat. Memberikan pelayanan terbaik, berkontribusi untuk negeri dan lainnya," harap Singgamata.


Pelatihan kali ini mengusung tema Pengembangan Karakter Diri Korlantas Polri, dengan maksud dan tujuan untuk Menemukan Makna dalam Bekerja dan Peningkatan Kemampuan Internet serta Sosial Media Menuju SDM Korlantas Polri yang Unggul Di Era Police 4.0.




Menanggapi harapan dari Korlantas Polri, Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna turut hadir dan memberikan sambutannya.


"Seharusnya hari ini saya ada acara lain di luar. Namun Anda lebih penting, jadi saya hadir di sini. Mengapa? Karena kurang lebih dari 500 ribu polisi, 90 persennya adalah bintara, yaitu kalian. Kalian juga yang tampil langsung kepada masyarakat," katanya dengan tegas.




Pria yang juga diberikan amanah oleh Ary Ginanjar Agustian (Founder ESQ Group) sebagai Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Alumni ESQ itu mengungkapkan perasaan bahagianya jika para Bripda mengikuti pelatihan ini.


"Saya sangat senang karena Anda semua mengikuti pendidikan tambahan selama 3 hari ke depan. Di sini juga kalian akan dilatih mengembangkan karakter diri untuk siap jadi pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat. Saya juga senang karena diundang langsung oleh Pak Ary untuk menghadiri pelatihan ini," tutur Nanan.




Ia melanjutkan bahwa ada 3 transformasi Polri sejak dulu yaitu trust building (membangun kepercayaan), partnership building atau networking, serta pelayanan prima (kepada masyarakat, sesama, atasan) dan lainnya. 


"Selain transformasi polri, ada yang namanya tampilan kepemimpinan polri yakni memimpin dengan keteladanan, mempimpin dengan melayani, menjadi konsultan yang solutif, menjamin kinerja dan anti KKN. Itu kode etiknya. Tanamkan juga kalimat 'saya pelayan, masyarakat pelanggan'," lanjut Nanan Soekarna dengan kemeja putihnya yang gagah.


<more>


Di pertengahan sesi, Nanan Soekarna, Ary Ginanjar Agustian, beserta insan Korlantas Polri mengabadikan moment dengan foto bersama. Serta bersama sama mengucapkan 7 Budi Utama yang telah dicanangkan oleh ESQ kemudian disebarluaskan di lingkup Kepolisian, yang sudah tercantum dalam Pasal 11 huruf B PERKAP no. 14/2011 tentang kode etik polri (etika pengabdian) serta pasal B PERKAP no. 20/2011 tentang sumpah atau janji pejabat di lingkungan Polri.


7 Budi Utama terdiri dari Jujur dan Terpercaya, Tanggungjawab, Visioner, Disiplin, Kerjasama, Adil dan Peduli, yang ditetapkan sebagai nilai nilai moral kehidupan berbangsa menuju Indonesia Emas 2045.




Dalam kesempatannya, Pendiri Menara 165 Ary Ginanjar juga ikut menyapa muda mudi dari Korlantas Polri.


"Alhamdulillah, Kang Nanan bisa menyempatkan hadir di sini dengan rasa cinta dan kasih sayangnya kepada kalian. Apa yang disampaikan oleh beliau merupakan pengalaman asam garamnya saat jadi polisi," kata Ary mengawali perbincangan.


Ary berujar bahwa pelatihan ini diharapkan bisa menjadi bekal ilmu untuk insan Polri selama 30 tahun ke depan bahkan lebih.




"Untuk itu, kalian yang mewakili 500 ribu polisi mari bersama sama siapkan dari sekarang polisi emas menuju Indonesia Emas 2045 yang mampu bertahan di segala era termasuk era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity)," lanjutnya.


Ada 3 komitmen apabila ingin menjadi polisi sejati menurut Ary Ginanjar yakni Komitmen Intelektual, Komitmen Emosional, dan Komitmen Spiritual.


"Tidak cukup hanya komitmen intelektual saja, harus diimbangi dengan komitmen emosional dan spiritual. Agar Anda menjadi orang yang bisa mengayomi, melayani, melindungi masyarakat. Dan Anda itu wakilnya Tuhan, mengabdi kepadaNya," ucapnya.




Ary menambahkan, "Hal ini juga yang diterapkan oleh Kang Nanan, Irjen Pol Firman (Kepala Korlantas Polri), bahkan Alm. Brigjen Kunarto yang terus support ESQ dan menerapkan ilmunya dalam keseharian beliau. Hingga akhirnya kuburan almarhum ditempatkan tepat di sebelah almarhum bapak saya."


Sesi selanjutnya dipandu oleh Kader Ary Ginanjar yakni Coach Iman Herdimansyah dan Coach Rudi. Suasana terlihat fun karena dilengkapi dengan musik yang energik dan games yang seru.






Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA