Kamis, H / 26 November 2020

Pesan Wantim Untirta, H. Embay : Alumni Untirta Harus 'JAWARA'

Rabu 28 Nov 2018 11:40 WIB

Reporter :Titin Nuryani L. Wiyono

H. Embay Mulya Syarif saat sambutan di acara wisuda untirta (28/11/2018)

Foto: dok. Ist

ESQNews.id, CILEGON - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar wisuda program Pascasarjana dan Program Diploma III, di salah satu hotel di Kota Cilegon, Rabu (28/11/2018). Pada gelombang III Untirta melepas 900 wisudawan dan wisudawati.


Pada acara tersebut H. Embay Mulya Syarif selaku Dewan Pertimbangan Untirta berpesan, "Alumni Untirta harus JAWARA; Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius dan Akuntabel. Jaga diri kalian baik-baik, jaga nama baik Almamater, kalian dipandang oleh manusia bukan karena Gelar akademik, atau karena rupa tapi karena perilaku kalian. Kalau mau sukses, tiru saja orang sukses. Rasulullah SAW terlahir sebagai anak yatim, piatu, miskin dan tidak bisa baca tulis. Kemudian jadi orang kaya, diangkat menjadi Rasul dan menjadi Kepala Negara Madinah. Sejak remaja beliau sudah mendapat gelar Al Amin (terpercaya, trust)," ujar H. Embay saat memberikan sambutan.


Sejak awal pendirian Untirta, H. Embay Mulya Syarif sudah ikut terlibat mengawal perguruan tinggi tersebut, kemudian sejak 2014 sampai saat ini diminta untuk menjadi anggota Dewan Pertimbangan (Wantim), yang Ketua Wantimnya dijabat oleh Gubernur Banten.


Rektor Untirta Sholeh Hidayat mengatakan, pada wisuda gelombang III ini diikuti oleh 900 orang, yang di antaranya 120 orang (11,33%) memperoleh indeks prestasi dengan pujian/cumlaude. “Dari 900 orang wisudawan terdapat 91 orang penerima beasiswa Bidikmisi, dengan rata-rata penyelesaian studi 4 tahun dan rata-rata IPK 3,5 sangat memuaskan,” kata Sholeh dilansir dari Kabar Banten.


Ia mengucapkan selamat atas keberhasilan para wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan di universitas tercinta ini. “Secara khusus kami mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang lulus dengan predikat terbaik untuk masing-masing jenjang,” ujarnya Sholeh Hidayat.


Ia mengatakan, sesuai dengan rumusan visi Untirta yaitu maju, bermutu, berkarakter dan berdaya saing. Merupakan paket empat serangkai atau Four in One yang terintegrasi, saling mengisi dan saling menguatkan.


“Keempat nilai adalah inspirator dan indikator bagi kemajuan Untirta ke depan. Untirta ini tidak bisa dikatakan maju, bermutu, berdaya saing dan berkarakter, jika hanya unggul dalam bidang pendidikan dan pembelajaran saja. Tanpa memiliki keunggulan dalam bidang penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat,” ucapnya.


Ia mengatakan, empat nilai pokok tersebut harus secara bersama-sama, simultan, dan seimbang menjadi landasan pengembangan semua aspek kegiatan tri dharma di lingkungan Untirta.


“Motivasi, semangat, sikap dan komitmen seluruh anggota sivitas akademika Untirta, dalam mewujudkan empat nilai pokok tersebut terkristalisasi dalam sebuah moto bersama. Yakni kerja keras dan cerdas yang dilandasi keikhlasan bernilai ibadah,” tuturnya.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA