Kamis, H / 28 Maret 2024

Tidak Ada Lagi Batasan Usia yang Ditetapkan Bagi Pengunjung dan Jemaah Umroh untuk Memasuki Dua Masjid Suci

Jumat 04 Mar 2022 11:33 WIB

Reporter :EDQP

Ilustrasi

Foto: zeilikmanlaw.com

Oleh: Muhammad Solihin, GM ESQ Tours


ESQNews.id, JAKARTA  Sejak Umroh di buka kembali untuk warga negara di luar Saudi Arabia, peraturan batasan usia terus mengalami perubahan, dari usia 18 – 60 tahun, kemudian tidak ada maksimal umum , dan yang terakhir adalah minimal 12 tahun ke atas.


Namun kini, Arab Saudi mencabut batasan usia bagi pengunjung dan jamaah untuk memasuki Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Hal ini berlaku baik untuk tujuan umroh maupun haji. Syaratnya, mereka harus memiliki status 'immune' di aplikasi 'Tawakkalna'. Kementerian Haji dan Umroh (MoHU) Saudi berbagi di akun Twitter resminya pada Ahad (28/2). Mereka menyatakan tidak ada lagi batasan usia yang ditetapkan bagi pengunjung dan jemaah umroh untuk memasuki dua masjid suci tersebut.


“Hanya perlu status imun dalam aplikasi Tawakalna dan memiliki izin sah yang sesuai melalui aplikasi Eatmarna," demikian unggahan MoHu di laman Twitter-nya seperti dilansir dari laman Bernama, Selasa (1/3/2022).




Sebelumnya, hanya pengunjung dan jemaah haji berusia tujuh tahun ke atas dan yang telah divaksinasi lengkap yang diizinkan masuk ke dua masjid tersebut.


MoHu juga diharapkan melonggarkan SOP dan langkah-langkah pencegahan lainnya seperti social dan physical distancing. Ini karena kasus Covid 19 di wilayah tersebut terus mencatat penurunan yang signifikan. Hal tersebut sebagai persiapan untuk meningkatkan kapasitas jemaah di bulan Ramadhan mendatang.


<more>


Sementara itu, surat kabar Saudi, Okaz yang mengutip sumber kementerian mengatakan relaksasi diberikan menyusul peningkatan tingkat vaksinasi di antara anak-anak berusia antara 5 dan 11 di negara itu.


Awal bulan ini, Kepresidenan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi juga membagikan SOP Masjidil Haram dan Masjid Nabawi saat ini, antara lain hanya mencantumkan individu berusia 12 tahun ke atas yang diizinkan mengunjungi dua masjid itu. Hingga pukul 12 siang kemarin, Arab Saudi mencatat 632 kasus baru Covid 19, 995 kasus sembuh, dan dua kematian.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA