Kamis, H / 28 Maret 2024

AKHLAK Award 2 Menuai Banyak Apresiasi, Menteri BUMN: Lebih Baik dari Tahun Sebelumnya

Rabu 06 Jul 2022 05:00 WIB

Reporter :EDQP

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Momen penganugerahan AKHLAK Award 2022 (Refleksi 2 Tahun AKHLAK BUMN) baru saja diselenggarakan oleh ESQ/ACT Consulting pada tanggal 5 Juli 2022 serentak melalui Zoom Meeting dan Platform Youtube. Kegiatan ini menjadi sarana refleksi dan evaluasi 2 tahun dicanangkannya AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) yang sejatinya tidak hanya menjadi slogan dan afirmasi, tetapi juga budaya yang diimplementasi.

Core Values BUMN ini mendapatkan respon yang baik dari berbagai tokoh di Indonesia, termasuk dari Wakil Presiden RI K.H Ma’ruf Amin. Lewat video rekamannya, ia turut mengapresiasi dilaksanakannya perhelatan ini.

“Memasuki tahun kedua acara ini, saya harapkan kesadaran bersama tentang pentingnya karakteristik amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, kolaboratif atau AKHLAK bagi seluruh BUMN semakin terbangun. Melalui nilai dasar AKHLAK secara nyata dan konsisten, BUMN diharapkan betul-betul bekerja unggul dan kompetitif demi Indonesia bersih bebas korupsi dan maju dalam pencapaian visi Indonesia Emas 2045,” tegasnya.



Menurutnya, di luar peranan sebagai agen pembangunan untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyak, BUMN juga dituntut untuk menjadi agen pencipta nilai. Dimana, kontribusi BUMN kepada negara diharapkan senantiasa meningkat seiring dengan perkembangan total aset dan ekspansi bisnisnya.

“Ke depan kita harapkan core values AKHLAK BUMN ini tidak hanya hidup di internal BUMN dan sekedar menjadi penguat semangat membangun ekonomi negara, namun bisa juga menjadi pelopor tumbuhnya ekosistem moral bangsa Indonesia yang lebih melembaga dan diakui dunia,” ucap pria yang pernah menjadi Ketua Dewan Syari'ah ESQ itu.

<more>

Selain Ma’ruf Amin, kegiatan ini mendapat dukungan juga tentunya dari Erick Thohir selaku Menteri BUMN, Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR, dan Nurul Ghufron yang menjabat sebagai Wakil Ketua KPK.

“Selamat  atas penyelenggaraan AKHLAK Award tahun 2022. AKHLAK Award BUMN ini sudah yang kedua kali. Alhamdulillah, sejak awal diluncurkan pada bulan Juli 2020 hingga sekarang penerapan core values AKHLAK terus menunjukkan hasil yang baik di BUMN seperti contohnya konsistensi bersih bersih dan pemberantasan korupsi dari tubuh BUMN, transformasi human capital yang menjadi lebih professional, transparan, terbuka, dan juga balance antara pemimpin muda, kesetaraan gender yang kita lakukan bersama sama,” tutur Erick Thohir.

Erick mengungkapkan bahwa setelah dua tahun ini kinerja insan BUMN semakin meningkat sehingga berdampak juga kepada pendapatan yang diperoleh.

 “Tentu hingga pendapatan BUMN yang tadinya hanya 13 triliun sekarang menjadi 126 triliun Alhamdulillah. Sebagaimana kita ketahui pendapatan BUMN ini menjadi sangat signifikan meningkat ini yang harus terus kita jaga karena laba bersihnya sudah bagus tapi yang lainnya juga kita perlu tingkatkan,” ungkapnya dengan penuh antusias.



Erick pun kembali menekankan pentingnya konsistensi dalam menerapkan AKHLAK, “Saya menanamkan pada seluruh BUMN agar terus konsisten dalam menjalankan nilai  AKHLAK dalam melakukan pekerjaannya, dan nilai nilai AKHLAK ini bisa di terapkan dalam lingkup yang lebih luas seperti keluarga dan masyarakat tentunya.”

Meskipun digelar pada malam hari, tampak semangat para insan BUMN yang mengikuti acara hingga sesi terakhir. Sama seperti AKHLAK Award pertama, kegiatan ini dipandu oleh News Anchor Metro TV Fifi Aleyda Yahya.



Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

“Saya sangat mengapresiasi kesungguhan dan komitmen Kementerian BUMN dalam mendorong transformasi budaya kerja di lingkungan Kementerian BUMN. Komitmen ini tercermin dari penyelenggaraan Award BUMN secara periodik setiap tahun yang diselenggarakan oleh ACT Consulting. Sebuah lembaga konsultan yang kompeten dan kredibel dengan menggunakan metode pemetaan dan pengukuran AKHLAK Culture Health Index (ACHI),” katanya.

Pria yang akrab disapa Bamsoet menambahkan, “AKHLAK Award bukan sekedar pengakuan dan wujud apresiasi dan sebuah performa kinerja melainkan juga menjadi sarana evaluasi kontemplasi dan merefleksikan diri untuk mengukur sejauh apa internalisasi nilai nilai AKHLAK yang telah menjadi sebuah kebudayaan kerja di BUMN  milik pemerintah.”



Tak hanya itu, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron pun turut menyuarakan isi hatinya kepada BUMN yang sukses dengan Core Valuesnya dan mendapatkan penghargaan dari ESQ/ACT Consulting.

“AKHLAK merupakan kompetensi yang memang dipentingkan dan menjadi prasyarat untuk menjadi bagian core values pembangunan di segala bidang. Tentu kita ketahui untuk menjadi insan-insan yang bermanfaat yang berkontribusi maka tentu tidak mungkin hanya mengandalkan kompetensi tanpa amanah, mungkin juga mengandalkan Iptek tapi tidak harmoni dan tak loyal,” ujarnya.

Alumni ESQ itu juga menyampaikan, “Oleh karena itu, KPK menyampaikan selamat dan juga menegaskan bahwa AKHLAK itu adalah prasyarat insan-insan yang diharapkan bukan hanya bagi diri sendiri, korporasi, namun juga untuk seluruh bangsa Indonesia.”



Sebagai penyelenggara, Ary Ginanjar Agustian (Founder ESQ/ACT Consulting) menyimak satu per satu paparan dari narasumber yang hadir.

“Saya mengapresiasi atas kinerja BUMN yang terus meningkat sehingga mampu memberikan kontribusi bagi negara bahkan jarang terjadi bahwa pendapatan BUMN juga meningkat 10 kali lipat dari 13 triliun menjadi 126 triliun, kita berikan applause atas prestasi Pak Menteri beserta para timnya,” kata Ary dari studio lantai 23 Menara 165.



Menurutnya, penerapan AKHLAK juga terlihat dalam profesionalisme transparansi serta keterbukaan BUMN dalam transformasi human capital. Dan komitmen untuk memberantas korupsi.

“Semua yang berpartisipasi dalam AKHLAK award ini sesungguhnya adalah berjiwa pemenang bahkan sudah jadi juara mengapa? Karena tidak semua BUMN siap dan bersedia untuk diberikan penilaian oleh pihak luar yang independen seperti kami (ACT Consulting),” lanjutnya.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA