Senin, H / 16 Desember 2019

APKLINDO Jalin MoU bersama ESQ dalam Program Indonesia Bersih

Senin 19 Nov 2018 11:15 WIB

Reporter :Titin Nuryani L. Wiyono

Apklindo bersama ESQ di Granada Ballroom, Menara 165

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Asosiasi Klining Servis Indonesia (APKLINDO) menjalin MoU dengan ESQ pada Jumat (16/11/2018) di Granada Ballroom, Menara 165 Jakarta Selatan.


Hal ini adalah bagian dari upaya APKLINDO untuk menumbuhkan dan mengajak masyarakat akan sadar kebersihan lingkungan atas Program Indonesia Bersih dengan bekerja sama dengan pemerintah dan lembaga, salah satunya adalah ESQ.


 

Program Indonesia Bersih

Dalam hal ini datang dan bertemu dengan pendiri ESQ dalam rangka merealisasikan program yang dicanangkan minggu lalu yaitu program Indonesia bersih. Program ini adalah program upaya dari ESQ dan APKLINDO dalam upaya menumbuhkan dan mengajak masyarakat untuk berusaha membersihkan lingkungan dan ini penting untuk mewujudkan Indonesia bersih.


Menurut Ketua Umum APKLINDO, M. Shiddiq mengatakan “Apabila dari kita masing-masing berusaha mengupayakan pada dirinya kesadaran bahwa bersih itu merupakan bagian dari kehidupan. Dia peduli terhadap lingkungannya, tidak akan masa bodoh dan dia berusaha mengambil sampah apabila di melihat bukan cuma tidak membuang sampah sembarangan untuk mencapai Indonesia bersih,” ucapnya.



“Dalam hal ini adalah program APKLINDO digabungkan dan dikawinkan dengan program pendidikan ESQ yaitu membersihkan hati, sehingga bangsa Indonesia bukan cuma mampu membersihkan lingkungan tapi juga membersihkan hati, dan pada gilirannya cita-cita atau program Indonesia emas yang dicanangkan oleh ESQ akan menjadi kenyataan dimulai tahapannya dengan melakukan Indonesia bersih baik di lingkungannya maupun hatinya,” imbuh Shiddiq.

 

Asosiasi yang Menggerakkan akan Sadar Kebersihan

APKLINDO adalah asosiasi tempat berkumpulnya para pengusaha klining di seluruh Indonesia dan kami memiliki anggota seluruhnya 3000 anggota dengan jumlah tenaga kerja 3juta kalau ini digerakan menjadi suatu gerakan nasional maka salam indonesia bersih akan menggelora dimana-mana dan akan merubah mindset bangsa Indonesia bahwa bersih itu adalah bagian dari hidup. Untuk itulah bahwa program ini kita terus kembangkan bersama ESQ dengan melakukan berbagai upaya sosialisasi baik itu pelatihan kepada anggota APKLINDO atau petugas petugas kebersihan Indonesia maupun bekerja sama dengan pemerintah dalam rangka menggaungkan gerakan ini yg pada akhirnya ini akan jadi gerakan nasional dan akan bersinergi dengan pihak pemerintah.

 

 

Apabila pengusahanya sadar bahwa ini adalah suatu gerakan maka akan ditumbuh kembangkan pada setiap petugas kerjanya itu adalah kesadaran Indonesia bersih dengan melibatkan unsur masyarakat, artinya bahwa kita setiap pagi akan mengucapkan salam Indonesia bersih maka akan bergema seluruh Indonesia.

 

Program kesadaran dan pelatihan dengan Training ESQ

APKLINDO juga baru saja menyelenggarakan training bertajuk “Bukan Klining Servis Biasa” bersama ESQ pada 7 November 2018 di Granada Ballroom, Menara 165 sebanyak 400 orang  baik itu tenaga Klining, maupun para supervisor dan pemilik dari perusahaan klining yg turut ikut serta. Tajuk ini dipilih karena artinya menjadikan profesi klining servis adalah pribadi spesial yang tahu akan fungsi dan tugasnya tapi juga tahu tanggung jawabnya terhadap Allah. Dengan menumbuhkan kejujuran dalam hatinya. Dan training seperti ini dan kedepannya terus akan kembangkan.

 

Milestone APKLINDO

APKLINDO terbentuk pada 20 Mei 1985 sudah 30 tahun lebih menjadi organisasi dibawah naungan KADIN Indonesia.

Selama milestone-nya ini program sosialisasi terus digalakkan, kemudian saat ini sudah mengarah kepada tenaga klining Indonesia yang mempunyai sertifikasi profesi klining servis dari BNSP, punya kemampuan juga punya nilai dengan mengadakan pelatihan-pelatihan skill cleaning knowledge.


 

Dunia Klining Indonesia

Ditanya tentang perkembangan dunia klining di Indonesia, M. Shiddiq mengungkapkan bahwa Indonesia memang masih tertinggal dengan negara lain secara teknologi cleaning, namun tak ada kata terlambat Indonesia harus berbuat dan harus mengejar ketertinggalan.

“Kalah di bidang teknologi kita harus lebih unggul di hatinya,” ujar Shiddiq. Yaitu sumber daya manusianya yang bermoral.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang dunia klining dan perkembangannya, APKLINDO akan hadir dalam exhibisi yang akan diselenggarakan pada Juli 2019 di Expo Clean, JiExpo Kemayoran disana akan dipamerkan teknologi di bidang klining dan pemaparan perkembangannya dunia klining saat ini.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA