Selasa, H / 19 Maret 2024

Fasilitasi Dukungan untuk Asian Games 2018, Kominfo Luncurkan Aplikasi Duta Suporter Indonesia

Rabu 11 Jul 2018 08:51 WIB

Titin Nuryani

Peluncuran aplikasi duta suporter Indonesia di Palembang dan Jakarta.

Foto: kominfo

ESQNews.id, PALEMBANG - Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan secara terbatas di depan media nasional dan internasional sebuah aplikasi mobile bernama Duta Suporter Indonesia. Aplikasi berbasiskan Android yang kini sudah tersedia di Google Play Store ini akan diluncurkan secara resmi di tanggal 10 Juli. Peluncuran versi trial aplikasi ini secara terbatas (soft launching) untuk memberikan informasi awal sehingga awak media bisa mencobanya lebih dahulu dan dapat memberikan masukkan sebelum resmi diluncurkan.

Menteri Kominfo menyatakan Asian Games 2018 ini adalah sebuah kegiatan penting untuk seluruh masyarakat Indonesia. “Kominfo melakukan banyak kegiatan untuk memromosikan Asian Games 2018,” tegasnya dalam Forum Merdeka Barat 9 bertajuk Progress dan Kesiapan Asian Games 2018 di Wisma Atlet Jakabaring, Palembang, Sabtu (07/07/2018).

Menurut Menteri Rudiantara keberadaan aplikasi ini akan dapat melibatkan seluruh masyarakat Indonesia. “Program dan aplikasi Duta Suporter Indonesia ini bertujuan untuk melibatkan dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia dari 34 provinsi untuk ikut memiliki Asian Games 2018 secara digital,” paparnya.

Program dan Aplikasi Duta Suporter Indonesia yang digagas oleh Menteri Kominfo dan tim berawal dari ide untuk melibatkan seluruh masyarakat Indonesia sehingga Asian Games bukan saja hanya dimiliki oleh masyarakat dari Jakarta dan Palembang dimana Asian Games akan dilaksanakan tapi juga dimiliki oleh masyarakat dari 34 provinsi Indonesia.

Caranya adalah, selama 30 hari kedepan program ini berjalan, aplikasi dapat diunduh dan publik dapat melakukan registrasi mencalonkan dirinya sebagai calon duta suporter dari provinsinya masing-masing.

Selama masa program, para calon duta akan mendapatkan tugas-tugas yang berhubungan dengan Asian Games dan daerahnya, dimana masing-masing tugas ini nanti akan dapat dipilih (vote).

Di akhir program, duta terpilih dengan vote terbanyak di masing-masing provinsi, 68 orang, 1 pria dan 1 wanita dari 34 provinsi, akan mendapatkan undangan untuk bersama menghadiri acara pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta.

Selain peluncurannya di Palembang, Grand launching kompetisi dan aplikasi Duta Suporter Indonesia ini juga dilaksanakan di Jakarta pada 10 Juli 2018 bertempat di Java Ballroom, Millennium Hotel Sirih Jakarta yang dihadiri oleh Menteri Kominfo RI Rudiantara, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Niken Widiastuti, dan Pengembang Aplikasi Duta Suporter Indonesia Enda Nasution.

Sementara itu, Enda Nasution, Partner di Suvarna.ID sebagai tim yang mendevelop aplikasi dan program ini menyampaikan keberadaan aplikasi ini akan memungkinkan dukungan warga Indonesia secara luas.

“Asian Games 2018, bukan saja milik para atlit yang berlaga, tapi juga kita dapat mendukung sebagai suporter yang baik dan bijak, para 68 orang Duta Suporter yang mewakili 34 Provinsi nanti akan berkesempatan untuk bertemu dan hadir bersama dengan penonton Asian Games dari berbagai bangsa sehingga dapat merasakan secara langsung semangat dan keseruan upacara pembukaan Asian Games 2018,” paparnya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA