Kamis, H / 13 Desember 2018

Peringati Hari Kanker Kepala Dan Leher Sedunia, RSCM Selenggarakan “Cancer: Let’s Beat It!”

Sabtu 28 Jul 2018 20:38 WIB

Muhammad Tarmizi Murdianto

Foto bersama panitia penyelenggara kegiatan bersama dengan tamu undangan yang hadir dalam acara Pencanangan Hari Kanker Kepala dan Leher Sedunia 2018

Foto: Muhammad Tarmizi Murdianto

ESQNews.id, JAKARTA – Dalam rangka memperingati Hari Kepala Leher Sedunia, Pokja Kanker Kepala Leher – Pelayanan Kanker Terpadu RSCM bekerja sama dengan Komite Penanggulangan Kanker Nasional (KPKN) dan Perhimpunan Dokter Onkologi Kepala Leher Indonesia (PERDOKLI) menggelar serangkaian kegiatan bertajuk “Cancer: Let’s Beat It!” sejak beberapa pekan lalu. ESQNews.id berkesempatan datang menghadiri salah satu acaranya yaitu pencanangan hari kanker kepala dan leher sedunia di RSCM (27/7).

Adapun rangkaian kegiatan tersebut ialah:

1.       Penyuluhan Awam di Media Massa
Kegiatan ini berupa talk show dengan berbagai tema yang berbeda setiap minggunya dengan para dokter konsultan dari beberapa departemen RSCM sebagai narasumbernya.

 

2.       Penyuluhan Awam Mingguan di RSCM
Kegiatan penyuluhan ini dikenal juga dengan sebutan Senam GERMAS dengan mengusung tema  “Deteksi Dini Kanker Kepala Leher” dan dilaksanakan di beberapa lokasi RSCM, seperti URJT Poli Bedah, URJT Poli THT, Poli Radioterapi, Poli Kirana, dan Poli Kencana.

 

3.       Penyuluhan Pelajar SMP
Kegiatan bertema “Jauh dari Rokok, Jauh dari Kanker Kepala Leher” ini merupakan penyuluhan berupa pemberian edukasi kepada para pelajar mengenai bahaya merokok.  Selain itu, dalam kegiatan ini dipilih juga Champion Anti Rokok dari setiap perwakilan sekolah yang bertugas untuk dapat mengedukasi mengenai bahaya merokok di lingkungan sekolah tersebut.

 

4.       Seminar Dokter Umum
Seminar yang ditujukan untuk dokter umum ini bertujuan untuk menambah wawasan para dokter umum selaku gate keeper di era layanan primer saat ini dalam penanganan pasien. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan agar dokter yang menangani pasien dengan stadium dini kanker kepala leher dapat melakukan outcome perawatan pasien yang lebih baik.

 

5.       Pencanangan Hari Kanker Kepala dan Leher Sedunia
Kegiatan ini bertujuan untuk melibatkan seluruh lapisan masyarakat termasuk para pemegang kebijakan di bidang kesehatan dalam bidang pelayanan kanker, para awak media, serta perhimpunan aau yayasan di bidang kanker lainnya agar lebih peka terhadap permasalahan kanker kepala dan leher.

 

6.       Sosialisasi “World Head and Neck Cancer Day
Kegiatan yang satu ini merupakan penutup dari rangkaian acara Pencanangan Hari Kanker Kepala dan Leher Sedunia berupa fun walk yang akan diselenggarakan saat CFD Sarinah pada Minggu, 29 Juli 2018.

Berdasarkan keterangan tertulis, rangkaian-rangkaian kegiatan tersebut diharapkan dapat menurunkan jumlah penderita kanker kepala dan leher sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia agar lebih baik di masa depan.


Dapatkan Update Berita

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA