Selasa, H / 19 Maret 2024

EXXONMOBIL Bersama DOMPET DHUAFA Untuk INDONESIA Bangkit

Rabu 17 Oct 2018 10:20 WIB

Wahyu Alamsyah Putra

Konfrensi Pers DOMPET DHUAFA & EXXONMOBIL Untuk INDONESIA Bangkit

Foto: Wahyu Alamsyah Putra




ESQnews.id, JAKARTA — Kisah pilu tentang Palu dan Donggala ini telah memasuki hari Ke-14, Hingga saat ini Tim aktivis kemanusiaan dari Dompet Dhuafa melakukan berbagai respon ke lokasi kejadian, diantaranya adalah evakuasi sebanyak 137 jenazah, pengadaan dapur keliling dengan tiga titik, menyediakan rumah sementara, genset, masjid sementara, pengadaan MCK sementara, pipanisasi, layanan medis serta Psychoigical First Aid (PFA), penyediaan 1300 paket MPASI, 200 paket biskuit, 120 paket sembako hingga water purifier tangki air. (Selasa, 16/10)


Hingga Kamis kemarin (11/10) sudah 2.073 korban meninggal dunia, 10.679 korban jiwa luka-luka, 87.725 jiwa mengungsi, 680 jiwa belum ditemukan, sementara untuk data pengungsi terdapat 78.994 jiwa menempati di wilayah Sulawesi Tengah disisi lain 8.731 jiwa mengungsi diluar wilayah Sulawesi Tengah. Data untuk sejumlah bangunan terdiri 67.310 rumah rusak, 2.736 sekolah rusak hingga 20 fasilitas kesehatan rusak.

 

“Hingga hari ini tim Dompet Dhuafa terus berupaya memberikan pertolongan dan bantuan berupa layanan medis yang sampai saat ini sudah 962 pasien tertangani, klinik lapangan, yang salah satunya terletak di halaman depan RRI Palu, sementara itu kami menyiapkan dapur keliling ke tiga titik dan disisi infrastruktur kami membangun masjid sementara sebanyak 300 unit hingga sarana mck darurat” ucap Bambang Suherman, selaku Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa.

  

Menurut Bambang Suherman,“Dompet Dhuafa memiliki desain konstruksi untuk Rumah Ramah Gempa. Desain ini disiapkan untuk fase transisi respon ke recovery sambil menunggu rekonstruksi dari Pemerintah.  Dari semua kanal jaringan Dompet Dhuafa,  termasuk CSR,  BUMN dan Pemerintah melalui BNPB dan PUPR,  direncanakan akan dibangun 15 ribu unit”.

 

Selain menginisiasi rumah sementara di Lombok, Dompet Dhuafa juga bergerak dengan pengadaan Hospital Keliling untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan bagi masyarakat Lombok Utara dan sekitarnya yang terdampak gempa. ExxonMobil Indonesia hari ini (Selasa, 16/10) memberikan bantuan lebih dari Rp2,25 miliar untuk tanggap bencana di Indonesia guna membantu masyarakat yang terdampak musibah gempa bumi di Lombok dan Sulawesi.






“Kami beserta seluruh karyawan didalam jajaran manajemen ExxonMobil turut bersedih dan berduka atas kejadian yang tidak diinginkan ini,” kata Louise McKenzie, President ExxonMobil Indonesia. “Kami berharap, bantuan ini dapat memberikan dukungan sementara untuk dapat melalui masa sulit ini.”


ExxonMobil dan Karyawan terus berusaha untuk berkoordinasi dengan pihak SKK Migas, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pemerintah daerah guna mendistribusikan bantuan kemanusiaan tanggap bencana ke daerah yang paling membutuhkan. ExxonMobil bekerja sama dengan Yayasan Dompet Dhuafa membangun hunian sementara di Lombok serta upaya tanggap bencana lainnya untuk masyarakat yang terdampak di Sulawesi Tengah. 



 


Dengan nada lirih, Louise mengatakan "Kami sangat empati atas semua ini, Hati Kami bersama mereka yang terkena dampak musibah ini, Hati kami juga untuk semua orang yang menunjukkan kekuatan dan keberanian memberikan bantuan tanggap bencana,” Sembari menghela nafas, dengan tatapan penuh harap Louise melanjutkan “Semoga Jiwa dan Raga Kita dikuatkan dalam menghadapi semua masa masa sulit ini.” (*)


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA