Kamis, H / 28 Maret 2024

Di Sungai Aare, Dubes RI Bersama Para Alumni ESQ Swiss Dzikir Asmaul Husna untuk Almarhum Eril

Kamis 13 Oct 2022 16:05 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Masih terasa hangat berita wafatnya anak sulung dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang terbawa arus saat berenang di Sungai Aare Swiss beberapa bulan yang lalu.

Sungai Aare, mengutip Britannica, adalah sungai terpanjang di Swiss dengan panjang 295 kilometer. Anak sungai Rhine ini bermuara di Gletser Aare di Pegunungan Alpen Bernese, Swiss. Dilansir dari Bern.com, penduduk Bern menganggap hari musim panas tidak akan sempurna tanpa melompat ke Sungai Aare.

Kepergian Almarhum Eril mengundang kesedihan yang mendalam bagi banyak orang terutama warga Indonesia dan Swiss. Kini, kakak dari Zara tersebut telah dimakamkan di Cimaung, Kabupaten Bandung.




Untuk mengenang salah satu peristiwa yang sempat menghebohkan berbagai negara itu, Dubes RI bersama Para Alumni ESQ Swiss serta Iman G Herdimansyah dan Risman Nugraha (Trainer ESQ) berkunjung ke sungai tersebut.

Mereka serentak membacakan dzikir Asmaul Husna dan doa bersama tepat di pinggir Sungai Aare dengan suara yang merdu diiringi suasana yang tenang dan syahdu.

Terlihat dari potret dan video yang dibagikan oleh Coach Iman, suasana air di sana amat tenang dan damai. Kondisi cuacanya yang cerah namun meneduhkan.




Bukan hal yang kebetulan, Sungai Aare itu letaknya tak jauh dari tempat Training ESQ New Chapter Batch 18 yang digelar selama dua hari pada tanggal 24-25 September 2022 secara luring di Treffpunkt Wittigkofen Jupiterstrasse 15 3015, Bern, Switzerland. Kurang lebih jaraknya hanya 2 kilometer.

ESQ New Chapter adalah sebuah training yang dirancang khusus oleh Pendiri ESQ Group, Ary Ginanjar Agustian untuk membantu khalayak menemukan jati diri, arti hidup, dan tujuan hidup. Training yang telah berjalan 20 tahun lebih ini harapannya akan membuat para peserta mampu menikmati kehidupan di dunia dengan lebih bahagia.


<more>


Kemudian, Pemilik Gedung Menara 165 yang disebut mesjid tertinggi kedua di dunia itu menyapa pukul 12 malam secara daring dari Melbourne, Australia. Ary mengucapkan selamat dan ikut berbahagia yang luarrr biasa, karena nilai-nilai ESQ165, yang bersumber dari Ihsan, Iman dan Islam telah sampai ke Negeri Swiss yang Indah, dimana hampir semua Negara di Eropa juga sudah menyelenggarakan Training ESQ.




"Di tahun ini 2022, pasca Pandemi, di Kota Bern Swiss dengan Sungai Aare yang melegenda dipilih menjadi angkatan perdana untuk ESQ kembali menyebar di Bumi Eropa. Insya Allah menyusul angkatan berikutnya di Kota-kota lainnya di Negeri Swiss serta beberapa Negara Eropa lainnya," harap Ary.




Ary berujar ketika mendengar kata Sungai Aare dan Swiss, langsung teringat oleh Almarhum Eril. Untuk itu dalam kesempatannya, tokoh pembangunan karakter pernah mengunjungi Gedung Pakuan Bandung Jawa Barat pada Jumat 17 Juni 2022 dan bertemu Ridwan Kamil bersama istrinya.

“Saya turut mendoakan dan melantunkan dzikir Asmaul Husna untuk A’ Eril," katanya.

Sebagai rasa empatinya, Sang Motivator Indonesia tersebut sempat mengunggah sebuah lantunan dzikir Asmaul Husna untuk Eril sebelum almarhum ditemukan.

Yang kemudian, lantunan dzikir asmaul husna itu diunggah kembali atau repost oleh Atalia Praratya, ibunda almarhum Eril di akun pribadinya.

“Semoga menjadi kebaikan bagi Eril dan semua yang mendoakan,” tulis Atalia pada Sabtu, 4 Juni 2022.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA