Kamis, H / 28 Maret 2024

2 Sekolah Ternama Gelar Edufair dan Undang ESQ Business School (EBS)! Sebagai Future Leaders, Mahasiswi EBS Berikan Ini

Rabu 12 Oct 2022 16:24 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - SMA Unity School Bekasi dan SMA Budi Cendekia Islami Depok berkolaborasi dengan ESQ Busineas School dalam acara Edufair pada tanggal 6 Oktober 2022 secara luring. 


Kedua sekolah tersebut mengundang ESQ Business School untuk membuka booth dan mengisi kelas kelas (mempromosikan kampus ESQ Business School) yang ada di Gedung Menara 165 Jakarta Selatan.


Tujuan sekolah itu mengadakan edufair adalah untuk mengedukasi siswa/siswinya supaya bisa menyiapkan diri untuk menuju jenjang perkuliahan. Dimulai dari mengetahui perguruan tinggi yang akan dituju, jurusan yang akan digeluti, lingkungan yang didambakan dan lainnya.


ESQ Business School dinakhodai oleh Ary Ginanjar Agustian. Kampus ini dirancang untuk mendidik mahasiswanya memiliki kecerdasan spiritual yang baik, kreativitas yang tinggi serta intelektual yang unggul. Dengan metode ini, mahasiswa diberikan stimulus agar termotivasi dari dalam untuk meningkatkan kemampuan belajarnya.




Berhubung Edufair ini dilakukan oleh 2 sekolah yang berbeda. Sehingga mahasiswi dari ESQ Business School melakukan pembagian tugas untuk mempresentasikan atau mengenalkan tentang kampusnya tersebut.


Untuk Edufair SMA Unity School Bekasi dibantu oleh 2 orang mahasiswi semester 5 ESQ Business School yaitu Nuha Afifah Zuhri dan Khoirunnisa Mufidah. Sedangkan Edufair di SMA Budi Cendekia Islami Depok dibantu oleh Bintan Zahra dan Sintya Maharani Semester 5 juga.


"Izinkan di sini kami sharing sekaligus memberikan arahan kepada adek adek kelas 12 khususnya, bahwa betapa pentingnya kita mempunyai mimpi, karena dari mimpi tersebut ada tujuan yang jelas mau jadi apa dan kemana," kata Nuha.




Dilanjutkan oleh Khoirunnisa yang menjelaskan tentang konsep THE ESQ WAY. Tujuannya, untuk mengenalkan kepada mereka bahwa sebagai anak muda dan pemimpin masa depan harus mempunyai fondasi yang kuat agar tidak goyah dalam menghadapi perubahan yang terjadi. 


"Untuk mempersiapkan masa depan itu ibarat membangun rumah. Kita perlu menyiapkan fondasi, tiang dan atap. Fondasi yang kita bangun adalah Belief, tiangnya adalah Values dan atapnya adalah Competency," katanya.


Untuk menjadi Belief dalam fondasi, ESQ Business School menanamkan Always Number One dengan nilai-nilai 165. Nilai nilai 165 bersumber dari Ihsan, Iman dan Islam, serta dilandasi atas keyakinan terhadap agama dan berjiwa nasionalisme.


<more>


Setelah fondasi berdiri, maka selanjutnya adalah tiangnya. Dan yang menjadi tiang adalah values, nilai-nilai yang membentuk karakter, sikap dan perilaku. Ada lima nilai utama yang ditanamkan pada mahasiswa yaitu, Integrity, Passion, Creativity, Humility, dan Professionalism.


"Jika Belief dan Values (fondasi dan tiang) terbentuk, diatasnya kita bangun atap. Dan yang menjadi atapnya adalah Competency. Kompetensi ini adalah kemampuan yang dimiliki untuk mampu mandiri bekerja dan menghasilkan karya berdasarkan minat dan bakat," tambah Nuha.


Kemudian Bintan dan Sintya juga memaparkan atau mengenalkan sebuah metode yang disebut SKI (Spiritual, Kreatifitas dan Intelektual).


"Dimana metode ini memberikan poin Inside Out, yaitu mimpi atau tujuan yang kita punya berasal dari hati/fitrah/niat baik kita, sehingga kreatifitas dan intelektualitas kita akan muncul untuk menjadi problem solver bagi sekitarnya," kata Bintan.


Sintya pun menjelaskan apa yang telah diajarkan oleh Gurundanya, Ary Ginanjar pernah berujar, “Kecerdasan Interlektual (IQ) yang kita miliki hanya berpengaruh 20% bagi kesuksesan kita. Sedangkan 80% adalah karena faktor kekuatan lain yaotu kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ). Inilah kecerdasan yang selama ini dilupakan orang!"




Respon dari puluhan siswa dan siswi 2 sekolag tersebut sangat positif. Mereka pun aktif dan antusias sepanjang acara berlangsung. Salah satu siswa pun sempat mengungkapkan isi hatinya. 


"Seruuuu, presentasinya bukan hanya mengenai program kampus saja namun knowledge yang membuat mereka berpikir jauh ke depan seperti bagaimana meraih cita-cita, topic tentang EBS Way soal fondasi / mental anak muda saat ini, dan lainnya," ungkapnya.




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA