Kamis, H / 28 Maret 2024

Direksi Mind ID Terima Langsung Penghargaan AKHLAK Award 2 dari ACT Consulting: Ciptakan AKHLAK yang Berjalan, Tak Hanya Slogan

Kamis 18 Aug 2022 16:05 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Gedung The Energy Jakarta jadi saksi Penyerahan Penghargaan AKHLAK Award 2 kategori Indeks Implementasi AKHLAK klaster Industri Mineral dan Batu Bara dari ACT Consulting kepada Mind ID. Ary Ginanjar Agustian (Founder ACT Consulting/ESQ Group) berikan piagam dan piala secara langsung kepada Direktur Hubungan Kelembagaan Mind ID Dany Amrul Ichdan. 

Ajang AKHLAK Award digelar oleh ACT Consulting yang turut mengundang Wakil Presiden RI K.H Ma’ruf Amin, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron serta seluruh jajaran direksi BUMN di dalamnya. Seluruh BUMN dan Anpernya yang menerima penghargaan dengan berbagai kategori disebutkan satu per satu pada 5 Juli 2022 secara daring.

Salah satu yang mendapat penghargaan AKHLAK Award 2 yaitu Mind ID. Dan penghargaan yang diraih ini sebagai bukti komitmen Mind ID beserta Anpernya dalam menerapkan core values BUMN yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif dalam setahun terakhir.

<more>

Sebagai informasi, Mind ID adalah BUMN holding industri pertambangan Indonesia yang anggotanya perusahaan tambang ternama seperti PT. ANTAM Tbk, PT. Bukit Asam Tbk, PT. Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), dan PT. Timah Tbk.

“Terimakasih Pak Ary, dan yang paling penting itu tentang bagaimana menciptakan dan mewujudkan AKHLAK yang berjalan, tak hanya slogan saja,” kata Dany dari lantai 16 dihadapan para direksi Mind ID dan ACT Consulting pada Kamis 18 Agustus 2022.



Pria lulusan Doktor Universitas Padjadjaran itu berharap para pimpinan di Mind ID bisa menjadi role model untuk menjalankan AKHLAK. Serta bisa menjadi contoh bagi BUMN atau stakeholder lainnya.

“Leaders itu harus walk the talk and talk the walk guna menciptakan AKHLAH yang tidak hanya diresapi tapi juga AKHLAK yang berjalan. Yang paling penting adalah AKHLAK ini untuk meningkatkan kinerja dan mewujudkan Indonesia emas. Tentunya semua harus dimulai dari diri sendiri, dengan begitu insyaAllah di tahun depan kita nilainya A,” sambungnya.

Hal ini juga sekaligus merespon himbauan dari Menteri BUMN Erick Thohir yang menegaskan pentingnya nilai inti AKHLAK untuk dimiliki seluruh insan BUMN agar seluruh perusahaan milik negara bisa adaptif, naik kelas, dan mampu berkompetisi pada skala global.

“Sesuai dengan himbauan dari Pak Menteri tentang implementasi AKHLAK, sehingga Mind ID berperan penting dalam memajukan pertambangan Indonesia, demi manfaat yang berkelanjutan serta adanya kesempatan untuk berkontribusi bagi Indonesia yang lebih baik, maju, dan sejahtera,” kata Ary.



Kementerian BUMN gencar menggaungkan dan mengimplementasikan budaya kerja atau core values AKHLAK. Untuk itu secara periodik diukur juga sejauh mana implementasinya. ACT Consulting yang membantu Kementerian BUMN menyusun panduan perilaku dan sekaligus melakukan assesmentnya, telah kembali meng-update hasil kajiannya pada periode September 2020 - Juli 2022 sejak AKHLAK diluncurkan pada Juli 2020. 

Metode penyusunan dan pengukuran AKHLAK tersebut dinamakan AKHLAK Culture Health Index (ACHI). ACHI dilakukan secara daring dan diikuti seluruh pegawai dari BUMN yang diukur. Dari hasil survei tersebut, diperoleh indeks internalisasi AKHLAK, sesuai persepsi responden terhadap nilai dan perilaku yang sudah diimplementasikan di organisasi. ACT Consulting sebagai konsultan transformasi budaya organisasi, yang berpengalaman membantu berbagai organisasi dalam 10 tahun terakhir, terpanggil untuk juga turut mensukseskan dan mendorong terwujudnya BUMN ber-AKHLAK.

“Saya jelaskan terlebih dulu rata-rata AKHLAK Implementation Index Kementerian BUMN yakni 44,5% dari 176 BUMN beserta Anpernya. Sedangkan Mind ID Group sebesar 46,8%, artinya di atas rata-rata BUMN secara keseluruhan. Nilai Amanah, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif Mind ID di atas BUMN,” ungkap Ary takjub.

Penulis Buku AKHLAK pun menjelaskan bahwa metode pengukuran dari ACT Consulting dilakukan secara transparan untuk BUMN, juga dilakukan untuk memetakan Kementerian dan Lembaga lainnya sehingga Indonesia menggunakan alat ukur atau penggaris yang sama. Sebagai informasi, saat ini ACT Consulting sedang mengukur 623 Kementerian dan Lembaga serta Pemerintah Daerah total yang sedang dilakukan pengukuran yaitu sebanyak 4.286.918 orang.



Saat melakukan pengukuran, riset, maupun seleksi ini, ACT Consulting menggunakan beberapa metodologi yang telah dipercaya secara global atau internasional. Metodologi riset ini dilakukan secara daring, dengan stratified random sampling, dengan memperhatikan validitas realiabilitas, di validasi melalui Focus Group Discussion.

“Pengukuran yang dilakukan menggunakan metode yang teruji dan berkelas internasional,” kata Dwitya Agustian (Expert dalam bidang transformasi budaya di ACT Consulting).

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA