Jumat, H / 29 Maret 2024

Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung 2021

Kamis 30 Dec 2021 12:37 WIB

Reporter :EDQP

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: Instagram

ESQNews.id, JAKARTA – Pada hari Jumat (17/12) telah diselenggarakan Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung 2021 di éL Hotel Royale Bandung.


Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung merupakan kegiatan diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung sebagai wujud apresiasi atas prakarsa dan kreativitas para pemilik dan/atau pengelola Bangunan Cagar Budaya yang telah turut memelihara dan mengembangkan citra Kota Bandung.




Terdapat 10 penerima Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung 2021 yang terbagi ke dalam 5 kategori, di antaranya yaitu: Kategori Pelindungi I (Contoh Terbaik Kawasan Kota Taman) dengan pemenang Rumah Tinggal Jl. Cisangkuy No.50, Rumah Tinggal Jl. Aria Jipang No.7, dan Rumah Tinggal Jl. Kencana No.3. Kategori Pelindungi II (Aset yang langka/Terancam Punah) dengan pemenang Rumah Tinggal Jl. Kebonjati No.125/8 dan Rumah Tinggal Jl. Gempol Kulon No.109. Kategori Pemanfaatan I (Bangunan Umum yang Terus Beradaptasi) dengan pemenang Balai Pertemuan Ilmiah Institut Teknologi Bandung (BPI-ITB) Jl. Dipati Ukur No.4 / Jl. Surapati No.1 dan GPIB Bethel Jl. Wastukencana No.1. Kategori Pemanfaatan II (Adaptasi Fungsi Rumah Tinggal menjadi Non-hunian) dengan pemenang Rumah Tinggal (Sekretariat Ikatan Arsitek Indonesia Jawa Barat) Jl. Brantas No.23 dan Rumah Tinggal (Rumah Makan Dahapati) Jl. Cipaganti / Jl. Wiranatakusumah No.146. Kategori Pengembangan (Contoh Pengembangan/Revitalisasi) dengan pemenang Cafe Antico Jl. Cilaki No.9.


<more>


Pada acara Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung 2021 juga Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung meluncurkan aplikasi SIgayapinter. Sigayapinter atau (Sistem Informasi Data Bangunan Cagar Budaya Prestisius Terintegrasi) merupakan aplikasi untuk mempermudah akses terhadap keberadaan Cagar Budaya di Kota Bandung. Ini adalah salah satu strategi inovatif dalam pelestarian dan pembinaan terhadap kekayaan warisan budaya. Masyarakat dapat mengakses aplikasi ini melalui link di sini




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA