Sabtu, H / 27 April 2024

Dewan Kota Wahid Yusuf Puji Pemko Palangka Raya Raih Nilai Berorientasi Pelayanan Tertinggi

Senin 20 Mar 2023 14:14 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, PALANGKA RAYA - Wakil Ketua I DPRD Palangka Raya, Wahid Yusuf memuji keberhasilan Pemerintah Kota Palangka Raya meraih nilai berorientasi pelayanan yang tertinggi di atas rata-rata nasional yakni 70,5 persen dengan kategori B.

 

“Penilaian dari ACT Consulting International/ESQ mendapat nilai dengan kategori B. Memang tidak heran karena biasanya pelayanan publik oleh jajaran Pemko dirasakan sudah baik, bahkan banyak terobosan. Kita apresiasi pencapaian itu,” katanya pada tanggal 13 Maret 2023.

 

Kendati mendapat nilai tertinggi, Wahid Yusuf mengingatkan ASN agar memberikan pelayanan yang lebih memudahkan masyarakat. Ia berharap kepala dinas dapat membuat terobosan baru dalam pelayanan agar tidak terjebak dengan birokrasi masa lalu.

 

“Sekarang ini kalau mau bikin pelayanan publik yang mudah ya caranya pakai teknologi. Gunakan anggaran dan SDM yang ada supaya bisa menciptakan sesuatu yang baru untuk perbaikan pelayanan. Maka akan terwujud juga visi-misi kepala daerah untuk mencapai Smart City,” ujarnya.



 

Untuk diketahui, ACT Consulting International mendapat amanah dari Kemenpan-RB untuk mengukur kesehatan budaya kerja (penerapan core values BerAKHLAK) di seluruh Kementerian, Lembaga, Pemkab, Pemprov, Pemko dan lainnya di seluruh Indonesia.

 

Berdasarkan data hasil Indeks internalisasi BerAKHLAK di Pemko Palangka Raya yakni dengan rata ratanya 60,0 persen masuk kategori B atau Cukup Sehat. Sementara Internalisasi BerAKHLAK ASN seluruh Indonesia yang diukur dari Periode Agustus-Desember 2022 yakni 60,9 persen kategori cukup baik.



 

Selain berorientasi pelayanan yang nilainya di atas rata rata nasional, Pemko Palangka Raya juga unggul pada nilai kompeten, harmonis dan kolaboratif. Meski begitu, ada 3 penilaian dari Menpan RB tentang Implementasi ASN BerAKHLAK yang masih rendah diupayakan segera ditingkatkan.

 

Pemberian penghargaan tersebut bertepatan dengan digelarnya Pelatihan Pengembangan Diri Implementasi Core Values ASN BerAKHLAK Based Leadership Pemko Palangka Raya, Rabu tanggal 1 Maret 2023 di Menara 165 Jakarta.

 

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin yang juga sebagai peserta mengatakan pelatihan pengembangan diri bagi pimpinan atau leader Pemkot ini diikuti oleh pejabat eselon II baik asisten, staf ahli, kepala perangkat daerah serta pejabat eselon III yang merupakan kepala unit kerja dan camat.


 

Dalam kesempatannya, Founder ACT Consulting International/ESQ Ary Ginanjar Agustian memberikan sambutan melalui Zoom Meeting, dikarenakan sedang berada di Makassar.

 

"Saya mengucapkan selamat kepada Pemkot Palangka Raya yang baru saja mendapat prestasi yang gemilang yaitu dapat Piala Adipura," lanjutnya.


<more>

 

"Bukan maksud membanding bandingkan namun ini hanya memaparkan benchmark saja. Karena kami ACT Consulting International mendapat amanah dari KemenPANRB untuk mengukur kesehatan budaya kerja (penerapan core values BerAKHLAK) di seluruh Kementerian, Lembaga, Pemkab, Pemprov, Pemkot dan lainnya termasuk Palangka Raya," tutur Motivator Nasional itu.


Lebih lanjut, “Mudah mudahan dengan training ini bisa menjadi solusi, karena ujung ujungnya nilai nilai tersebut perlu kita tingkatkan. Pengukuran ini akan dilakukan setahun sekali. Semoga selain mendapat piala Adipura, nilai unggul di Berorientasi Pelayanan, di tahun depan bisa dapat Award BerAKHLAK juga."




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA