Senin, H / 16 Desember 2019

Palestine Walk : Road to Freedom diresmikan di Bandung

Senin 15 Oct 2018 08:47 WIB

AA

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (tengah) bersama Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki (kanan) dan Wali Kota Bandung Oded M. Danial (kiri) berjalan di pedestrian usai peresmian Pale

Foto: ANTARA FOTO/Novrian Arbi/kye/18

Ini merupakan bentuk dukungan dan komitmen masyarakat Indonesia terhadap perjuangan rakyat Palestina, ujar Menteri Luar Negeri RI


ESQNews.id, BANDUNG Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki meresmikan Palestine Walk: Road to Freedom, Sabtu, di Bandung (13/10/2018).


Peresmian taman sepanjang 100 meter di Jalan Alun-Alun Timur Bandung ini merupakan rangkaian Indonesian Solidarity Week for Palestina yang digelar Kementerian Luar Negeri RI pada 13-17 Oktober 2018.


“Palestine Walk menggambarkan dukungan dan komitmen masyarakat Indonesia, khususnya Kota Bandung terhadap perjuangan rakyat Palestina dan sebagai pengingat agar semangat perjuangan tersebut tetap beresonasi di hati kita,” ujar Menteri Retno, Sabtu, dalam siaran pers.


Retno mengatakan bahwa Bandung merupakan kota bersejarah terkait dukungan Indonesia untuk kemerdekaan Palestina. Pada 1955, Bandung merupakan tuan rumah Konferensi Asia-Afrika yang salah satu kesepakatannya adalah dukungan negara-negara Asia dan Afrika soal kemerdekaan Palestina. 


“Dukungan bangsa Indonesia tidak akan pernah luntur hingga Rakyat Palestina memperoleh kemerdekaannya, Palestina selalu ada dalam nafas diplomasi Indonesia,” tegas Retno.


Rencananya kedua Menteri Luar Negeri juga akan membahas konsultasi bilateral yang pertama pada 16 Oktober 2018. Pertemuan itu, ujar Retno, akan menjadi wadah kedua negara untuk mengimplementasikan hubungan baik menjadi kerja sama yang konkrit.



Kedua menteri, berencana akan meneken perjanjian dan menyaksikan sejumlah kesepakatan kedua negara. Dalam Indonesian Solidarity Week for Palestina itu, Menteri Maliki juga berdiskusi dengan tokoh masyarakat, tokoh lintas agama dan filantropis Indonesia.


Sekaligus berencana akan mengunjungi Presiden Joko Widodo dan DPR RI.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA