Kamis, H / 24 Oktober 2019

Umroh Idul Fitri 1440H, 370 orang Ikuti Manasik bersama ESQ Tours Travel

Jumat 31 May 2019 14:53 WIB

Reporter :Titin Nuryani L. Wiyono

Suasana manasik umroh idul fitri 1440H yang diikuti sekitar 370 orang calon jamaah umroh di Menara 165, Jumat (31/5/2019)

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Ratusan calon jamaah umroh berkumpul di Menara 165 untuk mengikuti manasik umroh yang diselenggarakan oleh ESQ Tours Travel pada Jumat (31/5/2019). 


Sekitar 370 orang calon jamaah umroh ini akan berangkat bertahap pada tanggal 1 Juni,  2 Juni dan 6 Juni 2019. Dengan jumlah total 10 bus.


Manasik umroh diselenggarakan 1 hari, dimulai pukul 08.00 - 16.00. Dan pada pertemuan kali ini sangat dianjurkan untuk hadir karena manasik adalah suatu kegiatan pembekalan yang penting. Karena ibadah umroh untuk menjalankannya harus paham ilmunya. 


Ustadz Afif, pembimbing umroh dari ESQ Tours Travel mengatakan, “Seorang hamba atau seorang muslim yang melakukan suatu amalan yang dimana dia tidak memiliki ilmunya maka amalan tersebut ditolak," tuturnya mengutip sebuah hadits. 


Dikatakan juga dalam Al-Quran Surat Isra ayat 36, “Wa-laa tahu ma Laisa laka bihi ilmun, innas-sam'a wal-basora wal-fuada kullu ulaika kana mas'ula."


Yang artinya dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani,  semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. 


Karenanya manasik itu penting. Kalau sekarang umroh, kalau haji maka penting sekali mengikuti manasik haji. 


"Karena memang ini perjalanan ibadah, bukan untuk konteks yang lain maka sudah menjadi suatu kebutuhan satu keharusan untuk dipersiapkan terlebih dahulu ilmunya beda ketika kita mau berangkat ke Australia, Hongkong,  Singapura yang tujuannya untuk refreshing untuk jalan-jalan tidak perlu persiapan seperti ini," papar Ustadz Afif. 


Namun,  bila kita akan ke Mekkah Madinah tanpa diiringi perbekalan yang matang khawatir nanti ibadah akan sia-sia di hadapan Allah subhanallahu wa taala. 


Jangankan yang pertama kali umroh, orang yang sudah berkali-kali saja kadang-kadang punya ilmu yang sangat penuh, sangat mumpuni ternyata saat disana suka berubah. Kenapa bisa berubah?  Karena faktor nawaitu nya yang tidak sesuai.


"Karena itu bapak ibu mudah-mudahan kita bisa saling mengingatkan sehingga kita sama-sama ikhlas menerimanya insyaallah bermanfaat," ucap Ustadz Afif seraya memulai materi manasik umroh. 


Istimewanya kali ini mereka akan melalui hari raya di tanah suci. Tentunya sebuah kesempatan indah bisa merasakan Idul Fitri di Negeri para nabi. 


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA