Rabu, H / 19 Desember 2018

Achmad Zaki : Pikiran Itu Ibarat Tanah

Sabtu 28 Jul 2018 15:07 WIB

Muhammad Tarmizi Murdianto

Achmad Zaki, Trainer dan Manager ESQ Tours Travel

Foto: dok.ESQ/Tarmizi

“Mindset itu seperti tanah. Apa yang ditanam, maka itu lah yang akan tumbuh.”

ESQNews.id, Jakarta – Mindset merupakan pemikiran masyarakat terhadap suatu hal yang melekat dan menjadi keyakinan bagi diri sendiri. Pemikiran tersebut akan berdampak pada terwujudnya tindakan dan hal-hal yang ada.

Menurut Achmad Zaki, Trainer dan Manager ESQ Tours Travel, hal buruk yang terjadi merupakan hasil dari mindset yang buruk pula. “Mindset itu seperti tanah. Apa yang ditanam, maka itu lah yang akan tumbuh,” ujarnya saat ditemui ESQNews.id di acara Quantum Hajj di Ruang Mina, Menara 165 (28/7).

Saat ini, mindset yang tumbuh di masyarakat pun kian beragam. Salah satunya adalah mindset dalam keinginan berhaji. Mindset tersebut berisi ketakutan ketkika momen naik haji merupakan momen dibalasnya seluruh dosa yang pernah dibuat.

Baca juga : Naik Haji Bukan Lagi Mimpi

“Salah satu mindset yang di masyarakat ini terkait haji. Dimana haji ini ditakut-takuti jika dosanya nanti akan langsung dibalas disana,” ungkapnya.

Mindset negatif seperti itu pada akhirnya akan memunculkan sebuah gambaran ketakutan terhadap haji itu sendiri. Banyaknya paradigma di masyarakat juga membuat mudahnya mindset yang negatif terbentuk.

“Ah belum mampu saya, belum dipanggil. Itu merupakan contoh paradigma haji lama yang timbul akibat mindset masyarakat,” ucap Zaki. Ia juga menambahkan jika mindset-mindset tersebut harus segera diubah.

“Mindset seperti itu harus segera diubah. Hal ini agar masyarakat memiliki ketertarikan untuk pergi haji,” tutupnya.


Dapatkan Update Berita

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA