Kamis, H / 28 Maret 2024

Unpas Bersama 5 Lembaga Lainnya Gaet ESQ untuk Lakukan MoU! Dihadiri Oleh Ridwan Kamil & 700 Peserta Training Eksekutif Bandung

Sabtu 15 Oct 2022 21:00 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, BANDUNG - Diadakannya MoU atau Nota Kesepahaman menjadi salah satu rangkaian agenda dari Training ESQ Eksekutif Bandung. Perhelatan ini kembali digelar selama dua hari di akhir pekan pada tanggal 15-16 Oktober 2022 secara luring di Telkom Sportainment.

Ada 6 lembaga yang berbeda hadir di waktu yang bersamaan. Tujuannya adalah untuk menjalin kerjasama dengan PT Arga Bangun Bangsa (ESQ). Lembaga tersebut yakni Universitas Pasundan, Stikes Dharma Husada Bandung, Dinas Pendidikan Kota Bandung, Learning Center Yayasan BPI, Stikes Muhammadiyah Ciamis, PT Cordoba Internasional Indonesia.

Secara bersamaan, perwakilan dari setiap Lembaga itu naik ke atas Panggung untuk menandatangani Perjanjian di secarik kertas yang telah dijejerkan di atas meja. 

Untuk Univeritas Pasundan dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. Eddy jusuf sp., M.si. m.kom. ipu (Rektor Unpas), Dr. Dra. Suryani Supardan, Dipl. Mid. M.m (Ketua Stikes Dharma Husada Bandung), Drs. Hikmat Ginanjar M.si (Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung), Iyep Sobari (Ketua Yayasan Learning Center Yayasan BPI), Nur Hidayat S.Km. M.m (Ketua Stikes Muhamadiyah Ciamis), E. Kusman (Presiden Direktur PT Cordoba Internasional Indonesia). Mereka tercantum sebagai pihak pertama.



"Hari ini saya hadir untuk penandatanganan MoU dengan ESQ. Yang melatarbelakangi kami bekerjasama dengan ESQ ini menjalin rasa silaturahmi dan kebersamaan dalam meningkatkan karakter khususnya di lingkungan Learning Center Yayasan BPI," kata Iyep Sobari.

Pria yang merupakan alumni ESQ belasan tahun lalu itu merasa bahagia bisa hadir kembali dalam training ESQ. Berharap ke depannya, generasi penerus bangsa menjiwai 3 kecerdasan yaitu intelektual, emosional dan spiritual.



Sedangkan dari pihak kedua MoU itu ditandatangani oleh Luki Alamsyah (Direktur Utama PT. Arga Bangun Bangsa).

Saat prosesi, mereka semua didampingi oleh Founder ESQ Group Ary Ginanjar Agustian serta disaksikan langsung oleh 700 peserta training dari berbagai instansi, golongan, wilayah. 

Ratusan peserta itu berasal dari seluruh wilayah Se-Jawa Barat yang di dalamnya ada insan Polda, Baznas, Cordoba, BPR Artha, Koperasi, Dinas Pendidikan, Stikes Dharma Husada, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Umum, Alumni Batch 14, Kodiklat TNI AD, Biofarma dan lainnya. 

<more>

Training ESQ Executive adalah pelatihan paling fenomenal yang berawal dari sebuah buku laris berjudul ESQ (Emotional Spiritual Quotient) karya Ary Ginanjar Agustian. Pelatihan ini membantu seseorang menemukan cara hidup yang lebih membahagiakan. Membantu seseorang untuk mengisi hati dengan sesuatu yang lebih bermakna, membentuk jiwa yang lebih teguh, dan mencapai kualitas hidup yang lebih tinggi.

“Sebelum mendirikan ESQ, saya masih percaya bahwa kebahagiaan manusia terletak pada kemampuan menghadapi perlawanan dan ketidakpastian, yang untuk itu diperlukan kecerdasan intelektual. Namun pada kenyataannya, kebahagiaan bukan hanya tentang bagaimana manusia bisa mendapatkan sesuatu yang material, tetapi juga yang immaterial seperti eksistensi diri, relasi dan cinta, serta bagaimana kehidupannya berkembang,” kata Ary.



Lebih lanjut, menurutnya, “Kebahagiaan terbesar dan sejati juga terletak pada bagaimana kita bisa menemukan makna dan tujuan hidup yang sebenarnya dan dapat menyumbangkan apa yang kita miliki untuk lingkungan dan orang lain.”

Untuk itu, Ary coba membuka rahasia bagaimana cara untuk menjawab 3 hal yang dicari manusia yaitu siapa saya, dimana saya dan mau kemana saya. Karena menurutnya, jika tiga kunci ini terjawab maka kita akan dapat 3 hal yaitu kebahagiaan, ketenangan, kejayaan.



"Jika kita ingin bahagia, pertama tama kita harus bereaksi terhadap kecenderungan kita untuk mengikuti garis perlawanan yang paling sedikit, kecenderungan yang menyebabkan kita tetap apa adanya. Atau melihat terutama pada kegiatan kegiatan di luar diri kita untuk apa yang akan memberikan dorongan baru untuk hidup kita. Saya kutip dari kata kata Piere Teilhard De Cardin," jelas Sang Motivator Indonesia itu kepada ratusan orang dihadapannya.

Training kali ini dihadiri juga oleh Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. (Gubernur Jawa Barat), Laks. TNI (Purn) Dr. Ade Supandi, S.E, M.A.P (Ketua Dewan Penasehat FKA ESQ Internasional), Brigjen TNI Yudi Paragina Firdaus, MSc. (Dir Diklat Kodiklat TNI AD), Kombes Arif Rachman SIK MTCP (Dirreskrimsus Polda Jabar), Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si (Wali Kota Banjar), Suparno (Direktur SDM PT KAI), Rachmat (Salah satu Direktur Baznas Jabar), Trinurcahyo Sucipto (Ketua Yayasan Nur Quran Indonesia), Djoni Rosadi (Penasehat FKA ESQ Jabar), Yusuf Haryasa (Korwil FKA FKA Jabar), Ketua Baznas Se-Jawa Barat.



Selain Ary, para partisipan dipandu juga oleh Iman G Herdimansyah, Ramdhani, Eka Chandra (trainer ESQ) yang menambah semangat ratusan manusia di ruang telkom sportainment dengan memberikan materi, games, senam ringan. Sehingga hormon endorphin para peserta keluar, nampak dari wajah dan gestur mereka yang sumringah saat acara berlangsung. 

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA