Kamis, H / 28 Maret 2024

BoD-2 PLN Dibekali Leadership Management Training oleh ACT Consulting, Ary Ginanjar Agustian: 7 Energi yang Menjadi Bahan Bakar Diri

Senin 05 Sep 2022 18:49 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) gandeng ACT Consulting untuk menyelenggarakan Leadership Management Training selama 3 hari berturut turut pada 5-7 September 2022 secara offline. Puluhan BoD-2 PLN dipandu langsung oleh Coach Ramdhani dan Coach Saeful (trainer lisensi Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian). Ajang ini sebagai Pembelajaran Executive Education (EE II) bagi PLN UPDL Jakarta.


Dalam kesempatannya, Ary Ginanjar berkenan untuk menyapa para peserta Executive Education II (EE II) LMT UPDL Jakarta melalui Zoom Meeting. Ia mengatakan sangat senang mendengar hymne dan mars PLN dinyanyikan, sehingga membuatnya semakin semangat. Serta mengucapkan terimakasih atas kepercayaan dan kolaborasinya hingga angkatan 3 ini.


"Mudah mudahan bisa membantu teman teman untuk menentukan 3 hal. Karena dalam bekerja atau dalam hidup selalu ada 3 yang dicari yakni kebahagiaan, ketenangan, karir atau performance. Pertanyaannya, bagaimana caranya supaya kita berhasil meraih 3 hal itu? Banyak orang yang tidak paham apa itu energi pembangkitnya," ucapnya kepada petinggi PLN.


Menurutnya, PLN itu adalah energi listrik untuk menggerakan Indonesia, untuk menggerakan industri, untuk memberikan energi (kepada rumah tangga, RS, sekolah, ke berbagai lembaga, dan lainnya). 




"Kita tahu cara mengelola energi dari pusat pembangkit listrik, tenaga air, angin, batu bara semuanya adalah sumber energi yang kemudian memutarkan turbin dan akhirnya menjadi energi listrik. Pertanyaan berikutnya adalah tahukah kita bagaimana memutar turbin energi diri supaya kita juga bisa terang dan bercahaya," tutur sang Penulis Buku AKHLAK BUMN itu.


"Oleh karenanya hari ini bersama coach ramdhani bapak dan ibu akan belajar bagaimana dalam diri kita juga ada energi batu bara, energi SDA, nuklir dalam diri kita. Kita akan belajar 7 energi yang menjadi bahan bakar diri," lanjutnya.


<more>


Ary menjelaskan dari energi yang paling rendah dan paling murah namun tidak tahan lama yaitu energi tingkat 1 yakni kepastian (untuk mencari gaji), energi tingkat 2 yakni tantangan (untuk menjalankan hobi atau dalam menghadapi cobaan), energi tingkat 3 yakni eksistensi diri (eksis di mata keluarga, teman, masyarakat), energi tingkat 4 yakni cinta dan relasi (untuk mendapat pertemanan), energi tingkat 5 yakni perkembangan.


"Coba perhatikan baik-baik energi dari tingkat 1 sampai 5 apakah abadi atau tidak? Stabil atau tidak?" tanya Ary.


Rata rata dari insan BUMN tersebut serentak menjawab tidak abadi dan tidak stabil. 


"Sekarang coba lihat energi yang keenam yaitu kontribusi sedangkan tingkat ketujuh adalah meaning and purpose (grand why). Level ini lebih stabil dan abadi karena energi ini pengabdian atau misi kita kepada Tuhan lalu berkontribusi dengan menerangi negara. Oleh karenanyaz energi untuk hati PLN mulailah dengan energi 6 dan 7 maka energi 1 sampai 5 akan mengikuti dengan sendirinya. Sehingga Anda menjadi orang yang bahagia dan tenang," papar Ary yang sedang dalam perjalanan itu.




Pendiri Gedung 27 lantai di Menara 165 itu turut mendoakan Imam Bari' Wafa'ul Wafa' selaku Manager PLN UPDL Jakarta agar sehat selalu dan menjadi Direktur di PLN. 


"Terimakasih Pak Ary atas waktu dan doanya. Kami bersyukur akan bersama ACT Consulting selama 3 hari ke depan. Ini program dilakukan secara bertahap. Setelah mengikuti LMT dan dinyatakan lulus, bapak dan ibu akan lanjut ke Individual Talent Development Program (ITDP). Ini biasanya untuk MA. Tapi saya yakin bapak dan ibu juga akan menjadi MA," katanya.




Kehadirannya juga sekaligus untuk meresmikan perhelatan tersebut, "Dengan ini untuk batch 17 kita buka secara resmi. Selanjutnya akan saya serahkan kepada coach Ramdhani dan coach Saeful. Semoga sehat terus sampai program ini selesai, dan lanjut ke program ITDP."


Coach Ramdhani pun menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan Kompetensi, Agility dan Capacity para leaders PLN, Para leaders PLN akan merasakan spiritual experience, sehingga mendorong menjadi pribadi yang lebih baik. Terakhir adalah agar Leaders PLN menjadi role model dalam penerapan core Values AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) yang telah dicanangkan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir.




Sore harinya, para pimpinan PLN diajak ke panti asuhan Wisma Karya Bakti di Depok. Kunjungan itu sebagai bentuk untuk merasakan spiritual experience (mereka membuat kegiatan di lembaga sosial). Dalam hal ini, mereka akan berkolaborasi dengan tim ESQ Kemanusiaan.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA