Selasa, H / 12 November 2019

Ribuan Personel Polisi Diterjunkan Amankan Lokasi Gempa

Rabu 03 Oct 2018 13:37 WIB

AA

personel polisi.

Foto: google image

ESQNews.id, JAKARTA - Polisi menerjunkan 2.430 personel dari seluruh kepolisian daerah guna mengamankan lokasi bencana di Palu dan sekitarnya, ujar Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto, Selasa (3/10/2018), di Jakarta.


“Mereka tergabung dalam sejumlah kesatuan, di antaranya K9, tim medis-kesehatan dan lainnya," ujar Setyo.


Menurut Setyo, pengiriman pasukan akan dilakukan bertahap hingga mencapai jumlah tersebut. Saat ini baru 600 personel yang masuk ke Sulawesi Tengah.

Polisi juga mengirimkan rumah sakit terapung, kapal polisi Bisma dan kapal pengolah air laut menjadi air bersih.


Selain itu kapal pengangkut bahan pangan dan perlengkapan, dua pesawat fixwings, dua helikopter dolphin, enam truk, tujuh ambulans, dan berbagai peralatan lain.


Menurut Setyo, selain melakukam tugas kemanusiaan polisi juga melakukan pengawalan, antara lain untuk mengawal bahan pokok, khususnya Bahan Bakar Minyak (BBM).


"Pengiriman sembako juga dikawal dari Sulawesi Barat ke Palu. Pengawalan BBM ke SPBU-SPBU dan di SPBU sendiri dikawal langsung oleh Polri,” ungkap Setyo.


Polisi juga melakukan penanganan terhadap aksi-aksi kriminal di lokasi bencana. Di antaranya mengamankan pelaku penjarahan di mal dan ATM.


“Yang paling banyak adalah pengamanan di sejumlah ATM Mandiri pada saat akan dirusak atau dijarah,” ujar Setyo.


Pelaku penjarahan juga sudah diamankan polisi

Menurut Setyo saat ini situasi sudah terkendali, petugas berjaga di titik-titik rawan memastikan tidak ada lagi aksi pencurian maupun penjarahan lagi.

"Intinya, situasi sudah terkendali. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” ujar Setyo.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA