Selasa, H / 19 Maret 2024

Gubernur Lampung Periode 2019-2024 Terpilih Arinal Djunaidi

Kamis 13 Jun 2019 09:42 WIB

Author :Redaksi

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Chusnunia Chalim

Foto: senayanpost

Lampung memiliki banyak potensi, berupa komoditas pertanian, kelautan dan kehutanan, ujar Gubernur Lampung periode 2019-2024 terpilih Arinal Djunaidi


ESQNews.id, JAKARTA – Gubernur Lampung periode 2019-2024 terpilih Arinal Djunaidi mengungkapkan akan membuat provinsinya lebih berjaya di masa mendatang.

Arinal mengatakan Lampung memiliki banyak potensi ekonomi, di antaranya adalah komoditas, dengan menempati 10 besar nasional bahkan telah mendunia.

“Lampung mempunyai banyak potensi, karena berada di antara Pulau Sumatera dan Jawa, yang di depannya ada ibu kota, pusat ekonomi,” ujar Arinal kepada wartawan, seusai pelantikan di Istana Negara, Rabu (12/6/2019).

Sayangnya, lanjut Arinal, ekonomi masyarakat Lampung belum sesuai dengan potensinya, sehingga perlu tata kelola yang lebih baik, dilansir Anadolu Agency. “Dalam hal ini sektor pertanian seperti pangan, perkebunan, kelautan, peternakan, dan kehutanan harus baik, lebih baik dan berfungsi,” ujar Arinal.

Baca Juga : Training ESQ Kids Lampung Hadirkan Air Mata Cinta Anak dan Orangtua

Arinal juga mengatakan akan mengembangkan infrastruktur yang sudah ada, agar dapat berkontribusi terhadap perekonomian di kecamatan dan pedesaan. “Jalan provinsi harus ditingkatkan, jalan kabupaten juga,” tutur dia.


Potensi Pariwisata Lampung

Lampung, ungkap Arinal, kaya akan sumber daya alam dan memiliki potensi wisata luar biasa. Salah satunya, imbuh Arinal, provinsi ini memiliki 361 varietas anggrek yang tersimpan di kawasan taman nasional.


“Ini akan menjadi wilayah wisata khusus, karena eco tourism-nya luar biasa,” menurut dia. Oleh karena itu, ujar Arinal, dia akan menjadikan sektor pertanian itu sebagai pilot project pengembangan ekonomi kerakyatan.


“Lampung perlu back up ibu kota, jangan sampai kebutuhan-kebutuhannya menjadi sulit, karena 40 persen kebutuhan DKI itu dari Lampung,” ujar Arinal.


Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung

Hari ini, Presiden Indonesia Joko Widodo melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung terpilih periode 2019-2024, Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim, di Istana Negara, Jakarta.

Arinal-Chusnunia unggul dalam Pemilihan Gubernur 2018 dengan meraup 1.548.506 atau 37,7 persen suara.

Keduanya mengalahkan tiga pasangan calon lainnya, salah satunya adalah gubernur petahana M Ridho Ficardho.

Sebelumnya Arinal adalah Sekretaris Daerah Lampung 2014-2016. Sedang Chusnunia adalah Bupati Lampung Timur 2016-2019.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA