Kamis, H / 28 Maret 2024

Kronologi Tabrakan LRT Jabodebek di Cibubur, Dirut PT INKA Jelaskan Ini!

Senin 25 Oct 2021 17:05 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

LRT Jabodebek di Cibubur tabrakan

Foto: Tangkapan Layar

ESQNews.id, JAKARTA – Direktur Utama PT Industri Kereta Api (Persero) (PT INKA) Budi Noviantoro mengatakan insiden tabrakan LRT Jabodebek yang terjadi di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, melibatkan Train Set (TS) 20 & 29 pada KM 12+800 antara Stasiun Harjamukti - Ciracas pada Senin siang.

 

"Pada Senin, tanggal 25 Oktober 2021 pukul 12.45 WIB telah terjadi kecelakaan tabrakan dari belakang pada saat pengujian sarana internal oleh PT INKA," kata Budi Noviantoro dalam konferensi pers LRT Jabodebek secara daring di Jakarta.



 

Menurut beberapa sumber, salah satunya dari laman Jktinfo, Budi menjelaskan kecelakaan tersebut terjadi saat Trainset 20 telah berhenti mendekati Stasiun Harjamukti pada pukul 12.25 WIB dan Trainset 29 menabrak dari belakang pada pukul 12.45 WIB pada KM 12+800 antara Harjamukti - Ciracas.

 

Ia mengatakan terdapat korban luka 1 orang yaitu masinis TS 29 dan telah dibawa ke Rumah Sakit Melia Cibubur.


<more>

 

"Ini terindikasi adalah human error akibat lansiran yang terlalu cepat. Tapi nanti KNKT yang menentukan. Masinisnya, alhamdulillah tidak apa-apa, hanya luka ringan, sudah dibawa ke rumah sakit, dan masih sadar," ujar Noviantoro saat menggelar jumpa pers di kantor INKA Madiun, Jawa Timur, Senin sore.

 

Budi menambahkan kejadian ini berdampak pada Trainset lainnya yang sedang parkir berjajar di dekat Stasiun Harjamukti yaitu 3 car/gerbong pada TS 9 dan 2 car/gerbong pada TS 12, sehingga rencana total 2 trainset dan 5 car/gerbong (TS 9 dan TS 12) akan dikembalikan ke Madiun untuk dilakukan perbaikan.

 

Adapun dampak kerusakan pada prasarana masih dilakukan investigasi.

 



Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA