Senin, H / 25 Januari 2021

1,000 Orang di PT Pupuk Kujang Membaca Komitmen Penerapan AKHLAK Secara Serentak

Jumat 27 Nov 2020 12:52 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Andus Winarno (Asisten Deputi SDM Kementerian BUMN)

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – PT Pupuk Kujang sebagai Anak perusahaan dari Pupuk Indonesia Holding Company dalam fase transformasi perusahaan. Proses percepatan transformasi perusahaan dengan tujuan menjadikan perusahaan Argo-Solution berkelas dunia.

 

Perubahan dan tantangan bisnis yang sangat cepat perlu didukung oleh kesiapan mental dan kualitas SDM.



<more>

 


Oleh karenanya, digelar Launching New Core Values AKHLAK di PT Pupuk Kujang yang berkolaborasi dengan ACT Consulting pada Jumat (27/11/2020) by zoom meeting. Andus Winarno (Asisten Deputi SDM Kementerian BUMN) hadir secara virtual untuk memberikan sambutan dan paparan singkat. Serta Yuni Setyaningrum (Direktur Keuangan SDM PT Pupuk Kujang) yang membuka kegiatan tersebut.

 

Andus menjelaskan 7 Elemen Arsitektur Human Capital satu per satu dengan rinci, di antaranya core values, EVP and employer branding, talent and succession management system, learning and development management system, reward and performance management system, human capital technology, human capital data and analytics.

 

“Seperti yang pernah dijelaskan oleh pak Menteri BUMN, Erick Thohir bahwa ada 7 elemen arsitektur human capital salah satunya yakni core values. Oleh karenanya, hari ini bersama-sama kita launching nilai-nilai AKHLAK itu,” paparnya kepada sekitar 1,000 insan PT Pupuk Kujang.

 


 

Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian pun ikutserta dalam Prosesi Launching Core Values AKHLAK itu bersama Coach Eka Chandra (Trainer ESQ) serta tim ACT Consulting.

 

Ary menjelaskan riset dari berbagai konsultan perusahaan dunia menunjukkan bahwa perusahaan yang berumur panjang dan bertahan lama adalah perusahaan yang memiliki Core Values atau nilai-nilai inti.



 

Menurutnya, itu merupakan kunci agar terhindar dari beberapa perusahaan besar yang bangkrut akibat Core Valuesnya goyah, seperti Enron, Barings Bank, Arthur Andersen & Co dan lainnya.

 

“Semoga PT Pupuk Kujang tetap jaya, mampu melewati segala badai rintangan di Era VUCA ini hingga tahun 2045 bahkan lebih. Dengan menginternalisasikan serta implementasikan Core Values AKHLAK ke dalam diri dan lingkungan sekitar.”

 


 

Tim ACT Consulting coba membantu wujudkan harapan dari semua karyawan PT Pupuk Kujang dari berbagai level ini yakni peningkatan Corporate Culture yang mendukung peningkatan bisnis perusahaan. Serta Awaraness terhadap Core Values AKHLAK. Ary Ginanjar dan Eka Chandra jelaskan secara gamblang beberapa materinya.


Selanjutnya, Pembacaan Komitmen Penerapan AKHLAK oleh Direksi beserta seluruh peserta secara serentak. Mereka tampak kompak dengan mengenakan kemeja putihnya. Sekaligus menjadi penutup dari acara siang ini.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA