Kamis, H / 13 Desember 2018

Inilah Godaan saat puasa Syawal, Pernah Mengalaminya?

Jumat 29 Jun 2018 16:48 WIB

Titin Nuryani

godaan puasa syawal

Foto: instagram.com/@sahabatsurga

ESQNews.id - Bulan Ramadhan telah berlalu, namun semangat ibadah tak boleh luntur. Selepas Ramadhan amalan ibadah kita harus tetap kontinu, salah satu amalah di bulan Syawal ini adalah puasa sunnah Syawal. Sungguh perjuangan yang berlipat ganda saat kita melaksanakan puasa Syawal, sebab saat  Ramadhan suasana ibadah sangat terasa, di bulan Syawal orang-orang makan dan minum seperti biasanya.

Seperti halnya godaan di bulan Syawal seperti di video ini . Susah payah seorang ayah ini menolak suapan putri kecilnya . Pernah mengalaminya?


Sekilas penjelasan tentang puasa Syawal seperti hadist nabi berikut :

Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsipa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.." [Riwayat Muslim (no.1164)]


Besar sekali ganjaran orang-orang yang mengerjakan puasa Syawal membuat kita semakin semangat menjalankannya walau banyak godaan.

Sebelumnya pahami dahulu kaidah-kaidah untuk melaksanakan puasa Syawal berikut ..

1. Puasa sunnah Syawal dilakukan selama enam hari

2. Lebih utama dilaksanakan sehari setelah Idul Fitri, namun tidak mengapa jika diakhirkan asalkan masih di bulan Syawal

3. Lebih utama dilakukan secara berurutan namun tidak mengapa jika dilakukan tidak berurutan

4. Usahakan untuk menunaikan qodho' puasa terlebih dahulu agar mendapat ganjaran puasa Syawal yaitu puasa setahun penuh

5. Boleh melakukan puasa Syawal pada hari Jumat dan hari Sabtu.


Sudah tahu penjelasan hadits-nya dan kaidah-kaidahnya. Nah, mari kerjakan dan saling mengingatkan sahabat dan keluarga untuk jangan lupa puasa di bulan Syawal ini.




Dapatkan Update Berita

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA