Kamis, H / 28 Maret 2024

Viral Video Tiktok 5,2 Juta Penonton! Akibat Terkena PCOS, Wanita Tersebut Alami Ini

Rabu 02 Dec 2020 17:47 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: Instagram

ESQNews.id, JAKARTA - Sebuah video tiktok tersebar luas akhir bulan November 2020. Menjadi viral karena seorang wanita ungkapkan permasalahan yang dideritanya. Video itu sudah ditonton lebih dari 5,2 juta kali. Kemudian mendapat 296,700 likes serta 10,300 komentar dari para netizen (menurut infopena). 

Ia mengaku sudah 10 bulan tak haid sejak SMK, dan mulai merasa resah. 

Wanita dengan akun Tiktok @ria.wnp, pun jelaskan bahwa dirinya mengalami menstruasi tidak teratur, bahkan bisa menstruasi 2 hingga 6 bulan sekali. Ia beranggapan hal ini wajar, karena mungkin dirinya sedang alami stres dan banyak pikiran. 

<more>

Namun, karena khawatir ia pun memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk menjalani pemeriksaan dan proses USG. Setelah diperiksa, dokter menyebut bahwa ia mengidap PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome.

Dokter Gigi bernama Ratria Hapsari memposting sebuah video di akun @praktek.ambengan yang isinya tentang kesehatan mulut. Ia mengatakan bahwa, "Kita harus memperhatikan juga kesehatan gigi, karena berkaitan dengan kesehatan sistemik atau kesehatan secara keseluruhan bagi seseorang."

Wanita berkerudung hitam itu menyarankan agar kita rutin merawat kesehatan mulut. Apalagi sebelum hamil (bagi wanita) sangat dianjurkan untuk kontrol gigi, gusi, dan kesehatan lainnya. 

"Penting karena waktu hamil itu kan kita kondisinya gak nyaman. Ada rasa mual bahkan muntah. Ditambah kondisi mulut yang tak mengenakan. Nah itu makin memperparah. Apalagi yang kondisinya udah parah tapi gak bisa di cabut saat kehamilan."

Ternyata menjaga kesehatan gigi dan mulut itu penting untuk PCOS. Kondisi ketidakseimbangan hormon dan inflamasi kronis yabg yang dialami oleh PCOS dapat memperburuk kondisi kesehatan secara umum dan kesehatan gigi dan mulut.

Gaya hidup sehat, pembersihan gigi dan rongga mulut secara benar dan pemeriksaan gigi rutin dapat membantu mencegah penyakit pada gigi dan rongga mulut.

Adapun menurut Kompas.com, PCOS adalah kondisi yang menyebabkan penderita memiliki banyak kista kecil di indung telur atau ovarium. Gejala PCOS sendiri bisa beragam di antaranya:

1. Menstruasi tidak teratur.
2. Kelebihan androgen yang ditandai dengan adanya kelebihan jerawat, rambut wajah, atau kebotakan
3. Ovarium polikistik yaitu pembesaran ovarium sehingga tidak bisa berfungsi teratur.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA