Kamis, H / 02 Mei 2024

Kapolda Ahmad Dhofiri: Aplikasi E-Binmas Terobosan Kreatif Polda DIY

Rabu 20 Feb 2019 19:37 WIB

Author :Redaksi

Kapolda DIY Irjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si.

Foto: polda diy


ESQNews.id, YOGYAKARTA - Polda DIY, menciptakan harkamtibmas yang kondusif menuju percepatan pembangunan dan masyarakat yang sejahtera adil dan makmur, Kapolda DIY Irjen Pol Drs. Ahmad Dhofiri, M.Si., meluncurkan terobosan kreatif berupa aplikasi sistem pelaporan “E-Binmas dan Siap Kawal Desa” yang berfungsi memudahkan tugas Bhabinkamtibmas di seluruh wilayah hukum Polda DIY.


Aplikasi e-Binmas Jogja dipelopori oleh Ditbinmas Polda DIY ini dilaunching ditandai dengan pemukulan gong oleh Kapolda DIY. Dilanjutkan dengan penandatanganan hibah Aplikasi e-Binmas Jogja sebagai sarana pelaporan bagi pengemban fungsi Bhabinkamtibmas dalam melaporkan kegiatan dan situasi Desa termasuk pendistribusian Dana Desa di seluruh kelurahan.


Saat memberikan sambutan, Kapolda DIY Irjen Pol Drs. Ahmad Dhofiri, M.Si., menyampaikan, aplikasi e-Binmas Jogja merupakan aplikasi pelaporan bagi Bhabinkamtibmas secara online yang bertujuan untuk mendukung kinerja bhabinkamtibmas. Dengan adanya aplikasi E-Binmas ini, para Bhabinkamtibmas dapat melaporkan kegiatan didesanya masing-masing dengan mudah, cepat dan efisien, sehingga berbagai kemudahan banyak didapat dengan satu macam aplikasi saja.



Kaitannya dengan era milenial antara fakta dan kebenaran sesuatu yang berbeda, namun berbanding terbalik dengan kebenaran. Dilansir dari Humas Polda DIY, “Seorang Polisi harus bisa membedakan antara fakta dan kebenaran. Kita harus cerdas dalam penggunaannya sehingga tidak terhanyut dalam persepsi yang berbeda. Supaya masyarakat diberitahu soal penggunaan media sosial. Emotional Quotion penting dan ESQ penting, dan sekarang lebih penting lagi soal Digital Quotion. Jadi kita harus cerdas dalam penggunaan media sosial,” tutur Kapolda di Royal Darmo Hotel, Kemetiran, Gedongtengen, Yogyakarta, Rabu (20/2/2019).

<more>

Sebelumnya AKBP Muharomah Fajarini, S.H., S.IK., Kasubdit Bhabinkamtibmas Ditbinmas Polda DIY mengatakan aplikasi ini sangat mudah dioperasikan. “Setelah didownload e-Binmas diaplikasi playstore, dilanjutkan dengan menginput nama dan NRP Bhabinkamtibmas,” ujar AKBP Fajarini.


Disebutkan pelaporan melalui aplikasi E-Binmas ini, selain efisien, juga menghemat waktu dan kertas kerja laporan Bhabinkamtibmas. Ia berharap dengan launchingnya E-Binmas, para Bhabin dapat lebih aktif lagi, aplikasi bisa digunakan sebagaimana mestinya dan bermanfaat.Launching aplikasi e-Binmas ini dihadiri oleh Gubernur DIY yang di wakili oleh kepala BinaPemerintahan Desa, Seluruh Bupati DIY, Walikota DIY, Kepala Biro Tata Pemerintahan, Camat, Perwakilan Kapolsek, Kasat Bimas, Perwakilan Bhabinkamtibmas, Perwakilan Kepala Desa dan tokoh masyarakat.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA