Jumat, H / 29 Maret 2024

ESQ di Mata Seorang Psikolog Senior UI

Rabu 29 Jan 2020 10:25 WIB

Reporter : Endah Diva Qaniaputri

Seorang Psikolog Senior UI, HD Bastaman

Foto: Instagram @ary.ginanjar

ESQNews.id, JAKARTA – ESQ Leadership Center tepatnya di Menara 165 telah berdiri kokoh selama 20 tahun ini. Tentunya akan selalu berdiri, dan menjaga gedung berlafadz Allah agar tetap memancarkan cahayanya.


ESQ (Emotional Spiritual Quotient) adalah sebuah lembaga yang membangun pembentukan karakter. Dengan menggabungkan antara Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), dan Kecerdasan Spiritual (SQ). Dipimpin langsung oleh sang Founder luar biasa, Ary Ginanjar Agustian.


Character Building atau pembangunan karakter yang dimaksud yaitu dalam bentuk sebuah program-program training di ESQ. Sudah hampir 2 juta Alumni ESQ baik secara nasional maupun internasional. Tersebar luas ke beberapa negara, alumninya masih aktif menjaga hubungan persaudaraan.


<more>


Seorang Psikolog Senior UI, HD Bastaman. Ia adalah salah satu yang mengetahui ESQ juga Alumni ESQ, memaparkan tanggapannya terkait ESQ Leadership Center.


Kira-kira apa pandangan seorang Psikolog senior UI, HD Bastaman?


"Insya Allah ini akan memberikan dampak positif untuk bangsa kita. Ilmu tentang karakter dan moral pas banget di abad ini bangsa kita selalu di bilang krisis moral," ucap pria berusia 80 tahun tersebut.


Beliau mengatakan bahwa, ESQ adalah solusi dalam masalah pembangunan karakter bangsa.


"Ada satu terobosan yang berbeda dibanding dunia psikologi modern saat ini. Dunia psikologi modern hanya menyentuh tiga sisi saja yaitu, jiwa, lingkungan dan raga saja. Sedangkan ESQ adalah terobosan karena menyentuh sisi spiritualitas (hati nurani terdalam) manusia," tutupnya.




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA