Jumat, H / 29 Maret 2024

Robby Sugara Meninggal Akibat Serangan Jantung, Kenali Penyebab dan Pencegahannya

Jumat 14 Jun 2019 10:25 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: Freepik

ESQNews.id, JAKARTA – Salah satu informasi meninggalnya Robby Sugara datang dari sahabatnya yaitu Roy Marten mengatakan bahwa “Iya (meninggal) beliau sahabat saya. Pertama kali saya tahu dari grup, Lydia Kandou yang memuat bahwa saudara kita, Robby Sugara sudah mendahului,”

 

Menurut Roy Marten, Robby sempat merasa sesak napas pada malam hari menjelang kepergiannya. Dan menurut keluarganya, Robby meninggal karena serangan jantung. “Ini serangan jantung yang kedua. Mendadak sekali, seperti Sudden Death. Kami semua terkejut,” papar Priscilla anak dari Robby Sugara.

 

Penyakit serangan jantung adalah salah satu penyakit yang serius dan terjadi secara mendadak. Penyebab serangan jantung adalah kurangnya supply oksigen ke jantung dibandingkan kebutuhan oksigennya, biasanya karena sumbatan di artery koroner jantung. Sumbatannya berupa lemak (ldl) yang mengendap dilapisan intima pembuluh darah tersebut.

 

“Pertolongan pertama yaitu pasiennya harus diistirahatkan posisi agak duduk sambil siap-siap untuk dibawa ke IGD segera. Nanti dokter akan melakukan tindakan berupa pemberian oksigen, pemberian obat dibawah lidah dan obat lainnya. Dilakukan perekaman jantung dan dikonsulkan ke dr.  Spesialis jantung juga pembuluh darah (dr. SpJP), “ tutur dr. Ade Nea salah satu dokter umum di RS PTPN VIII Subang.


Lalu bagaimana agar kita terhindar dari penyakit serangan jantung tersebut? “Pencegahannya yaitu menghindari faktor risiko dengan cara makanan rendah lemak,  tinggi serat, rendah kalori. Diimbangi dengan olahraga 3x1 minggu dengan inrensitas ringan-sedang yaitu jalan kaki atau bersepeda/renang. Total 1 minggu olahraga selama 50 menit. Dengan jadwal hari yang sama, pertahankan berat badan idealnya, kurangi kondisi stress dan berhenti merokok juga minum alkohol” lanjutnya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA