Kamis, H / 29 Februari 2024

PHBN dan PHBI dalam Rangka Memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia

Rabu 07 Sep 2022 09:41 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: dok. Pribadi Erni Fitriyah

Oleh: Erni Fitriyah


ESQNews.id, JAKARTA - PHBN (Peringatan Hari Besar Nasional) dan PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) adalah kegiatan yang diadakan oleh PR IPM SMP Muhammadiyah 5 Karanggeneng dalam rangka ikut berpartisipasi dan memeriahkan HUT RI ke 77, sekaligus memperingati 1 Muharram. Acara tersebut dilaksanakan selama lima hari, mulai Senin tanggal 22 hingga 26 Agustus 2022.

PHBN dan PHBI diisi dengan berbagai lomba, baik dalam bidang seni, akademik, maupun olahraga. Seperti lomba tartil, cerdas cermat, berpuisi, pidato, bulu tangkis, futsal, gapyak, estafet sarung, nyunggi tampa, voli air, dan lain-lain. Acara tersebut diikuti oleh semua siswa kelas 7, 8, dan 9. Namun, para guru juga tidak ketinggalan diikutkan lomba sekedar untuk memeriahkan acara sekaligus sebagai penyemangat siswa-siswinya.

Lomba yang diadakan, dihandle oleh panitia dari anak IPM SMPM5 sendiri, namun ada beberapa pula lomba yang melibatkan para guru. Seperti sebagi juri lomba pidato, tartil, dan berpuisi. Pada lomba tartil, saya memberikan format penilaian pada tajwid dan iramanya. Sedangkan pada lomba pidato dan puisi meliputi intonasinya, kepercayaan diri, penghayatan, dan mimik atau gestur tubuhnya.


<more>


Lomba berjalan begitu meriah dan penuh kompetisi antara satu dengan yang lainnya. Apalagi pada lomba tartil yang dibawakan siswa dan siswi dengan tajwid dan iramanya yang merdu membuat hati adem dan tersentuh. Salah satunya adalah dibawakan oleh siswa yang sudah pernah menjuarai lomba tartil pada event tahun 2021. Selain itu, pada lomba berpuisi juga disuguhkan dengan penampilan yang apik, penuh penghayatan, serta semangat yang menggebu.

Setelah serangkaian lomba telah diselesaikan, acara ditutup dengan pembagian hadiah sebagai bentuk apresiasi atas lomba yang telah dimenangkannya. Kemudian dilanjut sesi foto bersama sebagai dokumentasi acara.


Tentang Penulid: Erni Fitriyah, tinggal di Desa Takerharjo, Solokuro, Lamongan. Guru SMP Muhammadiyah 5 Karanggeneng.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA