Minggu, H / 14 Juli 2024

Mata Kuliah Bisnis, Belajar Langsung dengan Alumni ESQ Business School yang Sudah Punya 4 Cabang Bakso Prasmanan Pakansari!

Kamis 09 Nov 2023 13:12 WIB

Reporter :NM

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, BOGOR - ESQ Business School selalu memiliki metode pembelajaran yang menyenangkan, salah satunya belajar langsung di luar kelas dari mata kuliah Business Development 2 dan Business Creation di tempat bisnis alumni ESQ Business School, Bakso Prasmanan Pakansari, Bojong Nangka, Bogor.


Bisnis milik Suciawan Guntur, alumni angkatan 7 ESQ Business School seringkali menjadi sorotan bagi adik-adik di kampusnya, menjadi contoh merintis bisnis hingga kini memiliki 4 cabang dalam waktu cepat.





“Kali ini kita akan belajar langsung bagaimana alumni ESQ Business School dapat memiliki cabang dari Bakso Prasmanan Pakansari, dimulai apa yang dipersiapkan hingga bagaimana bisa terus membuka cabang.” Ujar Sujoko Winanto, dosen mata kuliah tersebut sekaligus CEO ESQ Business School.


<more>




2 kelas gabungan tersebut yang berisi lebih dari 50 mahasiswa, menjumpai tempat bisnis alumni di Bakso Prasmanan Pakansari pada hari Rabu, 8 Oktober 2023.


Suciawan Guntur dengan hangat menerima adik-adik tingkatnya sampai memberikan minuman gratis untuk para mahasiswa yang siang itu akan belajar langsung dari tips dan trik membangun bisnis dari dirinya.


“Dulu puncaknya saat covid-19, usaha kedua orangtua saya runtuh, saya sampai tidak bisa membayar uang kuliah.” Cerita Guntur saat memulai perjalanan bisnis Bakso Prasmanan Pakansarinya.





Dengan keadaan yang tidak nyaman bagi dirinya, perlahan Guntur merangkak untuk bangun ekonomi keluarganya kembali dengan mencari cara dengan membangun bisnis yang unik.


“Muncullah Bakso Prasmanan Pakansari, yang berbeda dari kebanyakan tukang bakso lainnya. Kita jual unik poinnya adalah prasmanan dan mulai dari 1000 rupiah, sehingga banyak yang bisa menjangkau, bisa makan kenyang tak perlu mahal. Semua orang bisa makan.” Tutur Guntur memberi tahu kepada adik-adiknya bahwa dalam menjalani bisnis diperlukan riset terlebih dahulu terhadap pasar yang ada, kemudian mencari keunikan dari bisnis tersebut sehingga pasar akan tertarik.





Ramai sekali mahasiswa yang turut terkesan dan mengacungkan tangan dalam sesi tanya jawab, mulai dari bagaimana menjaga konsistensi dalam menjalankan bisnis, hingga mengatur keuangan dalam bisnis.


Mahasiswa yang terdiri dari semester tujuh dan semester satu saat itu senang menerima jawaban yang dilemparkan oleh Guntur yang memuaskan rasa penasaran.


“Saya rasa selama kalian masih di ESQ Business School yang punya privilege lingkungan positif, maka gunakanlah.


Dulu saat masih mahasiswa, saya sering sekali untuk konsultasi bisnis dengan rektor kita, Pak Joko, dan Bu Mariah. Dosen-dosen juga akan sangat mendukung teman-teman dalam membangun bisnis.” 





Tak hanya lingkungan, bagi Guntur kuliah di ESQ Business School bukan sekedar diajarkan bagaimana membangun bisnis, namun bisnis adalah tentang manusia. Bagaimana dapat mengelola sumber daya manusia, membangun relasi, yang mana itu didapatkan dari ESQ Business School dengan kecerdasan emosional dan spiritual.


Ilmu karakter yang diberikan ESQ Business School dan ilmu ihsan, iman, islam sampai saat ini Guntur akui sangat bermanfaat, sehingga besar harapan untuk adik-adiknya belajar dengan tekun, dan mengimplementasikannya.


“Pesan saya, mulailah mencari apa yang membangun diri anda sekalian dan mulailah untuk merubah masa depan.” Pesan Guntur. 





Tak hanya kelas, mahasiswa juga merasakan langsung kelezatan dan nikmatnya Bakso Prasmanan Pakansari yang beragam, mulai dari bakso biasa, bakso jamur, bakso keju, sampai seblak juga ada.


Minuman yang tersedia juga tidak kalah beragam, ada es teh sampai es campur yang disajikan dengan cantik.


<more>




Saat ini cabang Bakso Prasmanan Pakansari sudah ada 4 cabang tersebar di daerah Bogor dan Depok, bisa langsung cek di laman instagramnya, silakan klik di sini


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA