Jumat, H / 30 Juli 2021

Cara Membuat Puding Mengkudu

Jumat 11 Oct 2019 16:28 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: morinda.com

ESQNews.id, JAKARTA - Mengkudu mengandung berbagai macam zat, salah satunya adalah kalium, yaitu mineral yang mampu membantu mempertahankan daya tahan tubuh. Masih banyak lagi manfaat dari buah yang satu ini.


Untuk menghindari mindset terkait bau dan rasanya yang kurang diminati khalayak. Mengkudu bisa di sulap menjadi makanan yang banyak digemari oleh masyarakat luas.


Seperti dalam channel Youtube KompasTV diposting pada (18/9/18), berhasil mengolah mengkudu menjadi santapan lezat.


<more>


Yeni Oktafia, mahasiswi gizi Universitas Nahdatul Ulama Surabaya berhasil menyulap buah mengkudu menjadi makanan yang menggiurkan. Kebanyakan orang enggan mengonsumsi buah mengkudu lantaran rasanya yang pahit dan berbau kurang sedap.


Di sisi lain buah mengkudu dapat dinikmati dengan bentuk yang berbeda yaitu puding. Bukan tanpa alasan puding mengkudu ini dibuat. Banyaknya buah mengkudu yang tidak digunakan hingga membusuk menimbulkan rasa prihatin hingga keluarlah ide untuk mengolah mengkudu supaya dapat dikonsumsi.


Puding dipilih sebab dari sebagian besar olahan berbahan mengkudu puding adalah yang lebih disenangi. Bukan hanya oleh orang tua tapi juga anak-anak. Rasanya yang nikmat kini jauh dari rasa pahit dan bau kurang sedap. Pembuatannya pun mudah hanya membutuhkan mengkudu yang benar-benar matang sebagai bahan utamanya.




“Ternyata mengkudu ini banyak manfaatnya bagi kesehatan, nah bagaimana caranya agar orang tuh gampang cara mempraktekkan dengan cara sederhana. Jadi salah satunya yaitu puding, karena puding gampang diterima oleh masyarakat. Semua orang pasti suka walaupun bahannya sederhana,” papar Yeni Oktafia, inovator puding mengkudu.


Adapun video cara pembuatan yang lebih lengkapnya:




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA