Minggu, H / 14 Juli 2024

Makna Mendalam dari Tulisan Anak (Bagian 2)

Senin 09 Mar 2020 12:02 WIB

Author :Ida S. Widayanti

Ilustrasi

Foto: kidsinthehouse.com

ESQNews.id, JAKARTA - Dua peristiwa tersebut menunjukkan bahwa menulis jurnal sangat memberikan manfaat. Hasil penelitian Dr. James W. Pennebaker menunjukkan bahwa kegiatan mencurahkan isi hati (self-disclosure) dapat berpengaruh positif bagi perasaan, pikiran, dan kesehatan tubuh.


Dalam jangka panjang juga berpotensi melindungi tubuh dari kerusakan akibat stres yang tersimpan di dalam diri.


Banyak orang yang memahami betapa pentingnya kebiasaan menulis, namun tak semua orang melakukannya. Biasanya disebabkan karena menulis tidak menjadi kebiasaan.


<more>


Karena itu, sangat positif jika anak sejak dini dibiasakan menulis mengungkapkan perasaan dan pikirannya. Pada anak yang lebih besar, menulis memberi kesempatan untuk berpikir secara mendalam.


Sedangkan pada anak yang lebih kecil, menulis membuat dia belajar merepresentasikan pengalamannya ke dalam sebuah tulisan.


Seorang ahli pendidikan anak usia dini mengatakan bahwa anak sejak bayi sebaiknya diberikan pengalaman menulis setiap hari sepanjang tahun. Menggambar, membuat coretan, adalah bagian dari membuat jurnal harian.


Melalui tulisan, kita juga bisa memahami pikiran dan perasaan anak. Pada kisah pertama, orangtua jadi memahami kedalaman pikiran anak. Selanjutnya pada kisah kedua, melalui tulisan, orangtua bisa memperbaiki hubungan dengan anak.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA