Senin, H / 08 Agustus 2022

Keutamaan Mengucapkan Salam, Pahami Maknanya! (2)

Jumat 10 Apr 2020 08:11 WIB

Author :Ida S. Widayanti

Ilustrasi

Foto: Freepik

ESQNews.id, JAKARTA - Mengucapkan salam, selain dilakukan saat bertemu dan berpisah secara fisik, juga saat berbicara jarak jauh, yaitu menggunakan pesawat telepon.


Namun, saat mengucapkan salam lewat telepon pun sering kali karena spontanitas, tidak benar-benar sambil mendoakannya. Ada seorang ibu yang jika menelepon anak remajanya bahkan tidak mengucapkan salam sama sekali.


<more>


Kalimat pertama yang diucapkannya, “Putri dimana?” Karena selalu kalimat itu yang diucapkan ibunya saat meneleponnya, maka anak gadis tersebut menyimpan nama ibunya di telepon selulernya bukan dengan nama ibunya tapi dengan tulisan “Putri Dimana”.


Pertanyaan “Putri Dimana?” dengan nada cemas ternyata dirasakan tidak nyaman oleh anak gadis tersebut. Ia merasa seolah ibunya tidak mempercayainya. Ucapan salam dengan doa sepenuh hati tentu jauh lebih baik daripada pertanyaan dengan nada mencurigai.


Pentingnya mengucapkan salam banyak dimuat dalam hadits.


Abdullah bin Mas’ud meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Salam adalah salah satu Asma Allah yang telah Allah turunkan ke bumi, maka tebarkanlah salam. Ketika seseorang memberi salam kepada yang lain, derajatnya ditinggikan di hadapan Allah.”


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA