Jumat, H / 29 Maret 2024

Hari Buruh Internasional

Jumat 01 May 2020 16:52 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: dgreeting.com

ESQNews.id, JAKARTA – “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai buruh.” Begitulah pepatah mengatakannya. Setiap tanggal 1 Mei diperingati sebagai Hari Buruh Internasional atau biasa disebut Happy May Day. Mengapa perlu diperingati?


Hari buruh berawal dari para buruh yang dipaksa untuk bekerja hingga 16 jam/hari. Kebayang bukan seperti apa lelahnya? yang kini rata-rata jam kerja ditetapkan hanya 8 jam/hari.


<more>


Pada tanggal 1 Mei 1886, para pekerja di Amerika Serikat melakukan demonstrasi besar-besaran. Mereka melakukan aksi mogok kerja dan orasi untuk menuntut diberlakukannya 8 jam kerja/harinya serta kenaikan upah yang layak.


Konferensi Internasional Sosialis tahun 1889 kemudian menetapkan peristiwa tersebut sebagai momentum untuk perjuangan para buruh. Sehingga, awal mula aksi tanggal 1 Mei 1886, ditetapkan sebagai Hari Buruh Internasional.




Kemudian tahun 1918 hari buruh sudah diperingati di Hindia Belanda. 1 Mei 1946 kaum buruh Indonesia merayakan hari buruh kali pertama. 1 Mei 1995 untuk pertama kali di masa orde baru, Pusat Perjuangan Buruh Indonesia (PPBI) memperingati Hari Buruh dengan menggelar aksi di Jakarta dan Semarang.


Semoga pekerja di dunia khususnya Indonesia diberikan kelancaran dalam bekerja. Dapat memenuhi kebutuhan hidup untuk keluarganya. Teringat wabah Corona yang masih hadir di antara kita ini. Tetap jaga selalu kesehatan kita semua. Yakinlah bahwa Allah SWT selalu melindungi kita, Aamiin.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA