Jumat, H / 19 April 2024

Dzikir Menyebut Nama Allah

Kamis 12 Dec 2019 14:05 WIB

Author :Redaksi

ilustrasi

Foto: google pics

ESQNews.id - Dzikir adalah ritual yang dilakukan umat Islam setelah masing-masing dari lima shalat wajib setiap hari. Dzikir terdiri dari pengulangan nama Allah sebagai bentuk zikir. Dzikir yang paling umum melibatkan pengulangan "Subhanallah" dan "Alhamdulillah" masing-masing 33 kali dan "Allahu akbar" 34 kali. Anda dapat melakukan zikir dengan keras atau diam-diam, dan melacak bacaan Anda dengan menggunakan tangan Anda atau seutas tasbih.

Berikut adalah cara kita untuk melakukan dzikir:

1. Melakukan Dzikir Setelah Sholat

Bacalah dzikir (mengingat Allah) setelah sholat. Lakukan dzikir setelah masing-masing dari 5 shalat wajib. Anda bisa membaca dzikir sendirian atau dalam kelompok dengan Muslim lain.

Shalat dilakukan pada waktu fajar, tengah hari, sore hari, tepat setelah matahari terbenam, dan antara matahari terbenam dan tengah malam.
<more>

 2. Jangan pikirkan apa pun kecuali Tuhan saat Anda melakukan zikir.

Kosongkan pikiran Anda dari pikiran positif dan negatif, dan biarkan hanya pikiran Tuhan yang memasuki pikiran Anda. Setelah Anda mencapai kondisi ini, mulailah melakukan zikir.

Secara fisik hapus diri Anda dari tugas atau keasyikan apa pun yang dapat mengalihkan perhatian Anda saat Anda melakukan zikir.
Cobalah untuk melakukan zikir di tempat yang tenang sehingga Anda dapat tetap fokus.

3. Mulailah dengan mengucapkan “Subhanallah” 33 kali.

Subhanallah adalah frasa bahasa Arab yang diterjemahkan secara kasar berarti “kemuliaan bagi Allah.” Anda dapat melacak berapa kali Anda mengucapkan Subhanallah dengan menggunakan tangan Anda atau misbaha, seutas tasbih.
<more>

4. Ucapkan “Alhamdulillah” 33 kali.

Dalam bahasa Arab, Alhamdulillah berarti "segala puji bagi Allah." Segera setelah Anda selesai mengucapkan Subhanallah untuk ke-33 kalinya, mulailah mengucapkan Alhamdulillah.

Untuk melacak berapa kali Anda mengucapkan Alhamdulillah, gunakan metode penghitungan yang sama dengan yang Anda gunakan saat membaca Subhanallah.


5. Selesai dengan mengatakan "Allahu akbar" 34 kali.

Diterjemahkan sebagai "Tuhan adalah yang terbesar," Allahu akbar adalah frasa ketiga yang harus Anda ulangi setelah shalat wajib. Seperti ketika Anda mengucapkan Subhanallah dan Alhamdulillah, Anda dapat melafalkan Allahu akbar dengan keras atau diam-diam.

Atau, Anda dapat menyelesaikan zikir dengan mengucapkan kalimat berikut: "Laa ilaaha illallaah wahdahu laa shareekalahu, lahul mulk walahul hamd wa huwa‘ alaa kulli shayin qadeer."

Perikop ini dapat diterjemahkan sebagai: “Tidak ada Tuhan yang benar selain Allah. Dia adalah Satu dan Dia tidak memiliki pasangan dengan Dia. Dia adalah kedaulatan dan Dia adalah pujian, dan Dia Mahakuasa.”


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA