Jumat, H / 29 Maret 2024

CSR Telkom Diberikan Ke Berbagai SMK untuk Training dan Sertifikasi Fiber Optik

Selasa 14 Dec 2021 16:05 WIB

Reporter :EDQP

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Ketua Komisi VI DPR Teguh Juwarno pernah berpendapat mengenai kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom). Menurutnya, selama ini kegiatan tersebut selalu memberikan nilai manfaat, membantu program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

 

Kegiatan CSR Telkom selalu memberikan keuntungan yang begitu besar atau dampak positif, termasuk dalam pendanaan. Untuk itu, CSR Telkom memberikan dana secara cuma-cuma untuk Training dan Sertifikasi Fiber Optik.

 

Nama Lembaga Sertifikasi Fiber Optiknya adalah LSP Telekomunikasi Prima Indonesia, sedangkan Lembaga Trainingnya yakni dari ESQ Leadership Center. LSP Telekomunikasi Prima Indonesia terbentuk atas latar belakang era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), dimana terbukanya peluang bagi tenaga fiber optik yang akan masuk ke Indonesia dan begitupun sebaliknya. Selain itu juga memberikan kesempatan bagi tenaga fiber optik untuk berdaya saing dipasar regional.



 

Salah satu yang diberikan CSR Telkom yakni SMK Telkom Sandhy Putra, Jakarta. Acaranya sudah berlangsung pada 28 – 29 September & 02 Oktober 2021 lalu. Dalam hal ini LSP Telekomunikasi Prima Indonesia memiliki peran untuk memberikan sertifikasi bagi tenaga fiber optik yang akan praktek di Indonesia dan Asia Tenggara.

 

Oleh karena itu, puluhan siswa SMK Telkom Sandhy Putra turut andil di dalamnya, baik secara online melalui Zoom Meeting atau offline di SMK Telkom Sandhy Putra tersebut. Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari (2 hari pelatihan dan 1 hari uji tertulis serta uji praktek ).



 

“Skema ini digunakan sebagai acuan dalam sertifikasi kompetensi profesi telekomunikasi khususnya bidang Teknisi Instalasi Fiber Optik Muda bagi tenaga kerja yang telah mendapatkan kompetensinya melalui proses pembelajaran baik formal, non formal, pelatihan kerja, ataupun pengalaman kerja,” papar Benny Agusta Komisaris Utama LSP Telekomunikasi Prima Indonesia.

 

Meskipun digelar dari pagi hingga sore, sang pengajar serta peserta sertifikasi terlihat sangat antusias mengikuti segala rangkaian kegiatan. Di dalamnya, terjadi sesi diskusi yang interaktif, santai namun tetap kondusif.


<more>


Sehingga kegiatan ini mendapat respon yang positif dari para siswanya, sebagai berikut:

 

“Saya sangat senang karena merasakan ilmu yang baru, yang bermanfaat. Soalnya kalau lolos dan kita dapat sertifikatnya itu pasti sangat bermanfaat di dunia kerja. Tanpa sertifikasi ini kita tidak akan terbayang atau tidak mengerti ilmu tentang fiber optic”



 

“Manfaat yang saya rasakan pada sertifikasi atau training kali ini adalah banyak pelajaraan yang didapatkan oleh saya. Soalnya belum pernah diajarkan tentang ini. Sehingga saya bisa lebih memahami. Serta bisa membuka peluang kami sebagai genarasi yang baru di SMK ini untuk lebih memudahkan mendapatkan pekerjaan”



 

Para insan teknisi tersebut mendapatkan berbagai macam materi dari LSP Telekomunikasi Prima Indonesia seperti  Prosedur Penyambungan Fiber Optik oleh Gunadi (pengajar), Review Fungsi Alat & Praktek Penggunaan Alat oleh  Andri (pengajar), Overwiew & Refreshment Fiber Optic serta Q&A dan Latihan Soal oleh Badriyanto (pengajar), Pra Asesmen oleh Asesor dan lainnya.



 

Peralatannya pun menggunakan teknologi yang terkini atau modern, sehingga tetap mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju ini.


SMK yang diberikan CSR bukan hanya Telkom Sandy Putera saja melainkan SMKN 10 Garut, SMKN 1 Jakarta, SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi dan lainnya.




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA