Selasa, H / 18 Mei 2021

Yayasan Akhlakul Karimah dari Bhakti Group Rutin Adakan Kajian Buku ESQ 165 di Pati

Selasa 25 Jun 2019 10:28 WIB

Reporter :Titin Nuryani L. Wiyono

Kelas Kaji Buku ESQ 165 di Dusun Sambilawang, Trangkil, Pati, Jawa Tengah, pada Minggu (23/6/2019)

Foto: dok.ESQ

ESQNews.id, PATI -  Sebuah Yayasan di Dusun Sambilawang, Kecamatan Trangkil, Pati, Jawa Tengah yang dibentuk oleh Alm H Abdurrahman yang juga pendiri Bhakti Group Holding Lembaga Keuangan Koperasi dan BPR rutin mengadakan kegiatan kajian buku ESQ di Grha Etika bersama masyarakat sekitar.


Salah satu kegiatan utamanya adalah mengkaji buku ESQ Jilid.1( Buku Hitam) dan ESQ Power ( Buku Putih ) bersama masyarakat dan karyawan Bhakti Group.

 

H. Ahmad Farid selaku ketua Yayasan Akhlakul Karima menuturkan tentang kegiatan kajian tersebut, "Kami bergabung di Graha Etika Sambilawang sejak 27 Oktober 2009 dan sejak itu kami senantiasa mengkaji, berusaha memahami semua materi-materi ESQ yang ditulis oleh Pak Ary baik buku 1 ataupun buku 2. Terkait dengan Iman, Islam dan juga terkait dengan Ihsan. Kajian itu diberikan oleh Yayasan Akhlakul Karimah di dalam gedung Graha Etika untuk masyarakat, untuk para guru, untuk para tokoh yang dibiayai oleh yayasan semua transportasi dan akomodasi. Dan kami tidak sekadar mengkaji, tapi juga berusaha agar masyarakat yang ingin jadi peserta juga menyebarkan di semua lapisan masyarakat. Kami sering di majelis ta'lim beberapa tempat yang kami pegang kami isi dengan rujukan ESQ nya Pak Ary.

 


"Jadi ESQ Model menjadi rujukan kami yang menurut kami cukup rasional, gampang dipahami bagaimana kita memperkuat keimanan, bagaimana kita melakukan keislaman, bagaimana kita didorong oleh keihsanan itu dalam kehidupan sehari-hari. sehingga antara iman, islam, ihsan ini tidak bisa kita pisahkan dalam kehidupan sehari-hari baik sebagai karyawan, pegawai, anggota masyarakat sebagai hamba Allah apalagi, kita lakukan dimana-mana. ini yang terus kami gelorakan untuk ada hal-hal yang menjadi tantangan di masyarakat karena sesuatu yang baru, sering kan karena masyarakat ini mempertanyakan, rujukannya apa, kitabnya apa , sehingga kami berusaha mencari rujukan-rujukan, pandangan-pandangan sendiri," ujar H. Ahmad Farid.

 

Kegiatan ini adalah bagian dari CSR Bhakti Group, yang dilaksanakan melalui Yayasannya yaitu Akhlakul Karimah. Bhakti Gruop terinspirasi untuk membangun karakter masyarakat di Pati, dengan kegiatan utamanya yaitu mengkaji buku ESQ untuk masyarakat secara gratis atau free of Charge.


Bhakti Group sudah menjadikan 165 sebagai corporate culture dari tahun 2006 sampai sekarang. Setiap tahun mentrainingkan setiap karyawan barunya basic training rata-rata 120 orang/tahun. Saat ini karyawannya sudah mencapai 2000 orang. Untuk mengingatkan kembali training ESQ yang pernah dijalani, maka dilanjutkan mengkaji buku ESQ yang diadakan sebulan selama 2 kali.

 

Dilansir dari beritas Humas Polres Pati, Minggu (16/7/2017) pukul 07.00 Wib bertempat di Graha Etika Yayasan Pendidikan Akhlaqul Karimah Jl. Raya Juana-Tayu Km. 07 Ds. Sambilawang Kec. Trangkil telah Kapolsek Wedarijaksa Pati Akp R. Sulistyoningrum, SH, MH mengikuti “Training ESQ 165 Peduli Pendidikan Personal Transformation Program Pati Angkatan ke-2 Tahun 2017”.

Acara yang dihadiri lebih kurang 850 peserta dari tarjet 1.030 peserta, terdiri dari guru Paud, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA se-Kab. Pati, serta perwakilan Polsek Wedarijaksa AKP R. Sulistyaningrum, Sh. Mh. beserta 3 anggota.

Dalam kegiatan Training hari mendengarkan sambutan dari Bp. Kurnia Setia Putra dan Bp. Yus Ibnu Yasin yang intinya mengapa manusia diciptakan di muka bumi dan fase-fase terciptanya alam semesta, bigbang Teory memperjelas Outer Journey dan Inner Journey  merupakan materi gabungan hari pertama, menjelaskan Rukun Iman ke 4 dan ke 5 tentang Lebing Principle dan Vision Principle dan simulasi tentang sandal dan sepatu yang dipakai oleh masing-masing peserta.

Kegiatan Training ESQ ditutup dengan kata sambutan dari Ketua Yayasan Akhlakul Karimah Bp. H. Abdurrahman dan dalam sambutan penutupannya, H Abdurrahman mengatakan bahwa kita awali dengan kalimat pembuka “Pertemuan Sesaat Akan Aku Ingat Selama Hidup.”

“Bahwa 6 Rukun Iman adalah bahan baku berfikir dari Alloh yang sangat cemerlang dan semoga apa yang Bapak/Ibu dapatkan selama 2 hari dapat bermanfaat dalam menempuh kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

“Tiada Gading Yang Tak Retak, manakala ada kekurangan itu merupakan kehilafan, dan manakala ada kebaikan itu semata-mata dari Allah SWT,” pungkasnya.

Ditempat terpisah Kapolres Pati Akbp Maulana Hamdan, SIK melalui Kapolsek Wedarijaksa Akp R. Sulistyoningrum, SH, MH mengatakan bahwa kegiatan Training ESQ di Grha Etika Yayasan Akhlakul Karimah merupakan kerja sama dengan ESQ Pusat Jakarta yang dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 15-16 Juli 2017 dengan biaya gratis.

“Bagi para peserta yang telah melaksanakan Training ESQ mendapatkan sertifikat dan uang transport dan egiatan Training ESQ tersebut dilaksanakan sebagai wujud kepedulian terhadap guru sebagai pendidik generasi muda,” pungkasnya

Selama pelaksanaan kegiatan mendapat pengamanan 2 personil Polsek Wedarijaksa, yang secara umum dapat berlangsung dengan aman dan lancar.


Kajian Buku-buku ESQ "Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual oleh Bhakti Group dilakukan sejak tahun 2006. Lokasi digelarnya kajian biasanya diadakan di Graha Etika, Pati - Jawa Tengah. Pada Minggu (23/6/2019) juga digelar kajian dengan peserta mencapai 500 orang yang terdiri dari karyawan Bhakti Group dan masyarakat sekitar yang dipilih oleh Yayasan Akhlakul Karimah.

Materi bahan kajian kali ini adalah Buku ESQ Jilid 1 dan 2. Materi terbagi menjadi 24 Seri untuk buku jilid 1 dan 12 seri untuk buku ESQ Power. Kajian in dibagi menjadi 9 kelas yang membahas bab per bab sesuai dengan lama pengkajiannya.


 


 


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA