Jumat, H / 29 Maret 2024

Amerika Serikat Berikan Bantuan Yaman USD 24 Juta

Rabu 27 Feb 2019 10:35 WIB

Source :Anadolu Agancy

krisis Yaman

Foto: osv

ESQNews.id WASHINGTON - Amerika Serikat pada Selasa mengumumkan akan memberikan bantuan darurat tambahan sebesar USD24 juta untuk membantu upaya kemanusiaan di Yaman.


Tambahan dana itu membuat total jumlah bantuan AS untuk negara yang dilanda krisis itu menjadi USD721 juta sejak Oktober 2017, menurut Departemen Luar Negeri.


Dana tambahan akan digunakan untuk pembelian tempat penampungan darurat, barang-barang bantuan dan persediaan lain yang belum ditentukan untuk pengungsi Yaman serta akan meningkatkan upaya logistik yang sedang berlangsung.


Penduduk Yaman menghadapi krisis kemanusiaan, di mana puluhan ribu orang, termasuk warga sipil, diyakini telah terbunuh dan PBB memperkirakan 14 juta warga Yaman berisiko kelaparan.


"Hampir 20 juta warga Yaman tidak memiliki akses ke perawatan kesehatan dasar, dan lebih dari lima juta orang diambang kematian karena kelaparan," kata Departemen Luar Negeri AS.


Yaman telah dilanda kekerasan sejak 2014 ketika kelompok Syiah Houthi menguasai sebagian besar negara itu.


Krisis meningkat pada 2015 ketika koalisi yang dipimpin Saudi meluncurkan kampanye udara yang bertujuan untuk menggulingkan kekuasaan Houthi.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA