Senin, H / 13 Mei 2024

Akad Nikah Jenaka

Jumat 25 Mar 2022 17:07 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: Dokumen Mushlihin

Oleh: Mushlihin (Pendidik di Lamongan)


ESQNews.id, JAKARTA - Saya menugasi kelas sebelas untuk membuatkan contoh lafal akad nikah (ijab kabul). Ucapan penyerahan yang dilakukan wali mempelai perempuan dan penerimaan oleh mempelai lelaki merupakan rukun nikah. Unsur pokok yang harus dipenuhi untuk menjadi sahnya perkawinan. Maksudnya ijab kabul dapat menghalalkan hubungan suami istri.


Saya berharap siswa mampu menyajikan hasil analisis praktis pernikahan yang sesuai dengan ketentuan hukum Islam yang terjadi di masyarakat. Siswa juga mengamalkan sikap taat dan bertanggung jawab sebagai implementasi dari pemahaman ketentuan perkawinan.


<more>


Saya suka kepada belasan siswa yang menulis lafal ijab kabul sebagaimana mestinya. Di antaranya:


1. Aku nikahkan engkau dengan putriku... dengan mahar...


Aku terima pernikahannya dengan diriku dengan mahar tersebut.


2. Saudara... Bin... Saya nikahkan dan saya kawinkan anda dengan saudari...binti... dengan mas kawin... dibayar tunai.


3. Ankahtuka wa zauwajtuka ibnati...bimahrin...


Qobiltu nikahah binafsi bimahrin madzkurin.


4. Ankahtuka wa Zawwajtuka Makhtubataka Binti ________ Alal Mahri _______ Haalan. Artinya: Aku nikahkan engkau, dan aku kawinkan engkau dengan pinanganmu, putriku ______ dengan mahar _______ dibayar tunai. Qobiltu Nikahaha wa Tazwijaha 'Alal Mahril Madzkuur wa Rodhiitu Bihi, Wallahu Waliyyut Taufiq.


Selanjutnya saya tercengang bengang. Seorang siswa menulis lafal nikah sebagai berikut : "Will you marry me?" Sementara seorang siswi menulis, "Maukah kamu menikah denganku?" Kalimat jenakanya membangkitkan tawa. Saya pun menghargainya. Lantaran orang yang pandai berjenaka selalu awet muda. 


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA