Minggu, H / 29 November 2020

Tanda-Tanda Seseorang Ingin Bunuh Diri

Kamis 10 Oct 2019 17:18 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: medscape.com

ESQNews.id, JAKARTA - World Health Organization (WHO) mengajak untuk turut berkontribusi terhadap masalah kesehatan mental atau kesehatan jiwa melalui tantangan bertajuk “40 Seconds of Action” atau "40 detik tindakan". Kampanye WHO ini sengaja dikeluarkan bertepatan dengan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (internasional) yang diperingati setiap 10 Oktober.


WHO mengatakan, tujuan kampanye itu adalah meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa bunuh diri adalah bagian dari masalah kesehatan global. Penting juga bagi masyarakat untuk mencegah terjadinya bunuh diri, entah itu pada dirinya maupun orang-orang di lingkungan sekitar.

<more>


Melansir dari akun @rimaolivia, Berikut adalah cara mencegahnya:


1. Jika kesulitan mengatasi masalah, luangkan waktu 40 detik untuk memulai percakapan dengan seseorang yang dipercayai tentang perasaan.


2. Jika bekerja di media, buat tulisan tentang statistik 40 detik dalam wawancara, artikel, dan posting blog.


3. Jika berprofesi sebagai atasan atau manajer, luangkan waktu 40 detik untuk memberikan pesan positif dan dukungan kepada karyawan. Isi pesan tersebut menyangkut sumber daya yang tersedia bagi mereka di tempat kerja atau komunitas lokal di saat tekanan mental.


"Setiap orang dapat mengambil bagian dengan cara apapun, yang paling masuk akal untuk mencegah bunuh diri. Cara Anda mungkin bersifat pribadi, seperti memulai percakapan dengan seseorang yang dikhawatirkan atau membagikan pesan harapan dengan seseorang yang sedang berjuang," tulis WHO.


Mari bersama-sama jaga teman, jaga sahabat, jaga saudara, jaga jiwa!!!

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA