Jumat, H / 29 Maret 2024

Wanita Afghanistan Memberantas Polio

Rabu 21 Aug 2019 12:39 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Hanita Haghigi, membantu berantas polio di wilayah barat Afghanistan

Foto: WHO

Polio atau poliomyelitis bisa di alami oleh siapa pun, tua maupun muda, anak-anak maupun dewasa. Terutama bagi yang belum melakukan imunisasi. Harus segera ditangani oleh pihak kesehatan.


ESQNews.id, JAKARTA – 19 Agustus 2019 telah diperingati sebagai Hari Kemanusiaan Sedunia (World Humanitarian Day). Telah dicetuskan oleh Majelis Umum PBB, tahun 2008 di tanggal yang sama.


Bertujuan untuk memberitahu kepada publik akan pentingnya menjadi orang yang bermanfaat bagi khalayak, tingkatkan jiwa nasionalisme, sosialisme dan kepedulian kita.


Salah satunya yang dilakukan oleh wanita asal Afghanistan ini. Menurut WHO, beliau adakan kegiatan memberantas penyakit polio.


Poliomyelitis atau yang kita kenal polio merupakan penyakit saraf yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus dan sangat menular, tetapi dapat dicegah dengan melakukan imunisasi polio. 




- Kota Tangerang Dinobatkan Sebagai Kota Peduli HAM

- Buah Manis dari Kepedulian


Ini yang dilakukan oleh dr. Fariba dan dr. Karima sebagai petugas polio. Menurut WHO, mereka prihatin dengan kesehatan di Afghanistan ini. Pada (15/8) 2019 ada 134 fasilitas kesehatan yang terkena dampak konflik, 35 petugas kesehatan dan pasien terbunuh akibat polio.


dr. Karima bekerja keras dan ingin membuat kehidupan anak-anak Afghanistan lebih baik lagi. Ingin memberantas penyakit polio di Afghanistan. Dan ada seorang wanita bernama Hanita Haghigi yang ikut serta membantu pen-dataan polio di negara ini.


Dia juga membantu tim barat dengan masalah teknologi lainnya.


"Saya bangga bahwa saya membantu prakarsa pemberantasan polio di negara saya. Saya ingin melihat polio diberantas di negara saya dan saya percaya semua warga Afghanistan harus mendukung kami, terutama wanita Afghanistan," kata Hanita Haghigi.


Tugas lainnya yaitu pekerjaan di lapangan, hingga mendorong orang tua memvaksinasi anak-anak mereka, hingga duduk di Komite Peninjau Pakar, wanita Afghanistan memikul roda untuk memberantas polio di Afghanistan.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA