Rabu, H / 17 April 2024

Puntung Rokok Masuk 5 Deretan Sampah Terbanyak Dunia

Rabu 27 Feb 2019 09:37 WIB

Reporter :Redaksi

Rokok

Foto: Freepik

ESQNews.id, JAKARTA - Banyak yang menilai sampah kecil tidak akan menjadi besar. Misalnya saja puntung rokok, tapi anggapan tersebut bisa dibantah dari apa yang dikemukakan kelompok konservasi kelautan, Ocean Conservancy, yang berbasis di Washington DC.


Dilansir dari National Geographic, kelompok sadar lingkungan tersebut mengungkap sampah yang paling banyak ditemukan di lautan adalah puntung rokok. Sejak mulai mengumpulkan sampah pada 1986, kelompok itu telah mengumpulkan lebih dari 60 juta puntung rokok hanya di pantai sekitar Washington DC.


Kebiasaan membuat sembarangan puntung rokok tersebut juga jadi perhatian dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Kebiasaan tersebut dilakukan hampir seluruh para perokok, dan itu jumlahnya jutaan orang.


Puntung rokok yang ditemukan berserakan di beberapa lokasi seperti trotar, jalan dan selokan berujung pada hanyutnya puntung tersebut ke lautan.


Setidaknya, sekitar 6 triliun rokok diproduksi setiap tahun dan lebih dari 90 persen filternya mengandung plastik. Ini artinya ada lebih dari 1 juta ton plastik setiap tahun yang diproduksi dari rokok.


"Banyak perokok berasumsi penyaring rokok terbuat dari bahan yang bisa terbiodegradasi atau bisa diolah. Padahal, filter rokok terbuat dari selulosa asetat (jenis plastik yang butuh sekitar satu dekade untuk bisa terurai)," jelas Elizabeth Smith yang bekerja di kebijakan pengendalian tembakau di Universitas California San Francisco.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA