Minggu, H / 29 Januari 2023

Performa Paskibra Kala MPLS

Senin 25 Jul 2022 17:46 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: Dokumen Pribadi Mushlihin

Oleh: Mushlihin

ESQNews.id, JAKARTA - Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di SMPN 1 Karanggeneng Lamongan tahun pelajaran 2022/2023 dilakukan selama tiga hari. Hari pertama dimulai jam tujuh. Kegiatannya upacara pembukaan oleh kepala sekolah yakni Kastur, SH.S.Pd.M.Pd.

Kepala sekolah mengucapkan selamat datang dan semangat bergabung di SMP bervisi "Unggul itu Pasti"  Semoga dengan harapan dan cita-cita unggul akhlak dan budi pekerti, ilmu pengetahuan, berbudaya kearifan lokal bisa mencetak generasi emas dalam wujud pemuda pemudi Pancasila yang merdeka di segala bidang.

Kegiatan MPLS  ini merupakan langkah awal dan salah satu tradisi menyambut peserta didik baru.

"Semoga ilmu baru, lingkungan baru dan juga guru baru akan menjadi partner terbaik bagi anak-anak untuk mengukir indahnya cerita di masa depan," pungkasnya.

Peserta kemudian duduk dengan nyaman dan rapi. Wakil kepala sekolah memandu perkenalan dengan keluarga sekolah. Khususnya 71 bapak, ibu guru dan karyawan. Isinya meliputi nama, alamat dan tugasnya. Sorak-sorai membahana. Tepukan pun mengemuka.

Berikutnya peserta diperkenalkan dengan 75 pengurus OSIS. Selain itu peserta juga dikenalkan dengan DG (Dewan Galang) dan lingkungan sekolah. Misalnya ruang kelas, meeting room, musala, laboratorium, kantor, aula, perpustakaan, lapangan olahraga, tempat parkir, koperasi, kantin, toilet, gamelan dan fasilitas lainnya.

Setelah istirahat dua puluh lima menit, tutor memberikan materi terkait Wawasan Wiyata Mandala. Sesudah itu OSIS menghangatkan suasana.  Tujuannya materi visi dan misi serta tata tertib dapat dicerna oleh 219 peserta. Lalu guru agama memimpin jamaah salat zuhur. Sesudah itu peserta dan panitia pulang.

<more>

Hari kedua, usai apel jam 07.00 waktu setempat, peserta diberikan materi performa paskibra (pasukan pengibar bendera). Dewan Galang turut menyemangati mereka. Manfaatnya materi kurikulum merdeka dan pendidikan karakter pun berlangsung menyenangkan.

Selepas istirahat setengah jam peserta mengikuti kegiatan ekstrakulikuler dengan tetap semangat. Peserta juga terjaga kala pengenalan budaya lokal. Sebelum pulang warga sekolah mendirikan salat jamaah zuhur secara khusyuk.

Hari ketiga diadakan apel lagi. Lantas peserta disuguhi penampilan tari. Makanya ketika materi tata krama siswa pun cukup gayeng. Peserta juga dapat mengikuti materi cara belajar efektif. Tujuh gugus lantas beristirahat sejam. Sebelum upacara penutupan diadakan pentas seni (pensi). Pemandunya Moh. Munawir Sazali, S.Pd. 

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA